Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAB IV OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 

4.1.     Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran

 

Berikut ini hasil obervasi siswa yang menjawab soal tes formatif yang diberikan, tes yang dimaksud adalah tes yang ada dalam setiap rencana perbaikan pembelajaran disetiap siklus.

 

4.1.1.    Deskripsi Sebelum Perbaikan Pembelajaran

 

Perbaikan pembelajaran pra siklus meliputi rencana siklus, pelaksanaan siklus dan refleksi. Dalam rencana siklus, penulis mengambil langkah-langkah kegiatan yaitu: merencanakan jumlah siklus yang akan dilaksanakan; Mempersiapkan rencana pembelajaran; Memilih sumber bahan; Menetapkan alat evaluasi; Menetapkan waktu pelaksanaan pembelajaran dan menganalisa hasil pembelajaran; Menyusun materi pelajaran yang akan disampaikan pembelajaran dengan mengumpulkan bahan dari buku paket dan buku penunjang; Memilih metode yang sesuai; Membuat rencana pembelajaran; Menyiapkan alat peraga; Berdiskusi dengan teman sejawat tentang rencana perbaikan; Menyiapkan cara merekan dan menganalisa data berkaitan dengan proses perbaikan.

 

Langkah-langkah pelaksanaan perbaikan yang penulis tempuh ada beberapa tahapan, yaitu: orientasi, observasi refleksi dan revisi. Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis lakukan adalah : (a) Menentukan kemampuan awal siswa, (b) Menetapkan tujuan pembelajaran, (c) Membahas materi pembelajaran, (d) Diskusi klasikal maupun kelompok, (e) Tanya jawab, (f) Membuat rangkuman dan kesimpulan materi pelajaran, (g) Melakukan evaluasi, (h) Memberi tugas tambahan kepada siswa.

 

Berdasarkan deskripsi temuan dan hasil pengolahan data, penulis merenungkan dan mengingat kembali apa yang telah dilaksanakan selama pembelajaran pra siklus, hasil pembelajaran pra siklus direfleksikan atau dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I.

 

Berikut ini adalah data kolektif hasil tes Pra Siklus I materi IPA SD Negeri 03 Mulya Kencana Tulang Bawang Tengah  Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Tabel 3. Lembar Observasi Sebelum Perbaikan Pembelajaran

No

ASPEK YANG DIOBSERVASI

HASIL

KET

B

C

K

I

Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)

 

 

 

B : Baik

 

a.   Kompetensi Dasar

 

 

C : Cukup

 

b.   Hasil belajar

 

 

K : Kurang

 

c.   Indikator

 

 

 

 

d.   Tujuan perbaikan

 

 

 

 

e.   Langkah pembelajaran

 

 

 

 

f.    Sarana dan sumber bahan serta metode

 

 

 

 

g.   Evaluasi

 

 

 

II

Kegiatan Guru

 

 

 

 

 

a.   Kesiapan

 

 

 

 

b.   Apersepsi

 

 

 

 

c.   Penggunaan Bahasa

 

 

 

 

d.   Penggunaan Materi

 

 

 

 

e.   Penyajian

 

 

 

 

f.    Penerapan/Penggunaan Metode

 

 

 

 

g.   Alokasi Waktu

 

 

 

 

h.   Penggunaan media/alat pembelajaran

 

 

 

III

Kegiatan Siswa

 

 

 

 

 

a.   Kesiapan

 

 

 

 

b.   Keaktifan

 

 

 

 

c.   Keberanian bertanya

 

 

 

 

d.   Keberanian menjawab pertanyaan

 

 

 

 

e.   Ungkapan/gagasan

 

 

 

 

f.    Hasil pengerjaan evaluasi

 

 

 

 

g.   Hasil Kesimpulan

 

 

 

 

h.   Penggunaan media/alat peraga

 

 

 

 


 

Tabel 4. Nilai IPA Sebelum Perbaikan Pembelajaran

No

Nama Siswa

KKM

Nilai Sebelum Perbaikan

Keterangan

1

Aditya Wahyu Pratama

65

60

Tidak Tuntas

2

Aldo Rifansa Arya Saputra

65

60

Tidak Tuntas

3

Alfa Yunita Moris

65

65

Tuntas

4

Alfandra Dio Darmawan

65

70

Tuntas

5

Anggit Rizky Kurniawan

65

70

Tuntas

6

Asta Adi Prayoga

65

75

Tuntas

7

Cindy Indah Rosa

65

80

Tuntas

8

Danda Kurniawan

65

60

Tidak Tuntas

9

Dela Anindia

65

60

Tidak Tuntas

10

Denia Nur Adita

65

55

Tidak Tuntas

11

Desty Setiawati

65

50

Tidak Tuntas

12

Eggi Widian Saputra

65

65

Tuntas

13

Fadhila Zahra Eka Nurafifah

65

65

Tuntas

14

Faiz Alif Firjatullah

65

80

Tuntas

15

Fila Fadila

65

70

Tuntas

16

Helsa Adisna

65

55

Tidak Tuntas

17

Lita Rahma Julianti

65

50

Tidak Tuntas

18

Mellya Dwi Lestari

65

70

Tuntas

19

Muhammad Fahmi Faturahman

65

70

Tuntas

20

Muhammad Ridho Kurniawan

65

75

Tuntas

21

Nabila Az-Zahra Husada

65

75

Tuntas

22

Qoriana Irsyadhi

65

70

Tuntas

23

Resa Liena Prita

65

70

Tuntas

24

Reval Ananda Pratama

65

50

Tidak Tuntas

No

Nama Siswa

KKM

Nilai Sebelum Perbaikan

Keterangan

25

Riky Wijaya

65

55

Tidak Tuntas

26

Sherly Nesya Widyawati

65

65

Tuntas

27

Shofi Nur Taqiyyah

65

70

Tuntas

28

Rahmat Hidayat

65

55

Tidak Tuntas

Rata-rata

64,82

Tuntas

 

Tabel 5.  Persentase nilai Sebelum Perbaikan Pembelajaran

No

Kriteria

Nilai

Jumlah Siswa

Presentase

Keterangan

1

Kurang Sekali

0 – 45

0

0,00%

Tidak Tuntas

2

Kurang

46 – 64

11

39,28%

Tidak Tuntas

3

Sedang

65 – 74

12

42,86%

Tuntas

4

Baik

75 – 85

5

17,86%

Tuntas

5

Baik Sekali

86 – 100

0

0,00%

Tuntas

Jumlah

28

100,00%

 

 

Berdasarkan hasil perolehan nilai tersebut di atas, maka penulis merasa perlu untuk melakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.

 

Gambar 2. Bimbingan teman sejawat (kiri), pengamatan kelas (kanan)

4.1.2.    Deskripsi Hasil Penelitian Siklus I

 

Perbaikan pembelajaran siklus I meliputi rencana siklus, pelaksanaan siklus dan refleksi. Dalam rencana siklus, penulis mengambil langkah-langkah sebagai berikut: Mempersiapkan rencana pembelajaran; Memilih sumber bahan; Menetapkan alat evaluasi; Menetapkan waktu pelaksanaan pembelajaran dan menganalisa hasil pembelajaran; Menyusun materi pelajaran yang akan disampaikan pembelajaran dengan mengumpulkan bahan dari buku paket dan buku penunjang; Memilih metode yang sesuai; Membuat rencana pembelajaran; Menyiapkan alat peraga; Berdiskusi dengan teman sejawat tentang rencana perbaikan; Menyiapkan cara merekan dan menganalisa data berkaitan dengan proses perbaikan.

 

Langkah-langkah pelaksanaan perbaikan yang penulis tempuh ada beberapa tahapan, yaitu: orientasi, observasi refleksi dan revisi. Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis lakukan adalah : (a) Menentukan kemampuan awal siswa, (b) Menetapkan tujuan pembelajaran, (c) Membahas materi pembelajaran, (d) Diskusi klasikal maupun kelompok, (e) Tanya jawab, (f) Membuat rangkuman dan kesimpulan materi pelajaran, (g) Melakukan evaluasi, (h) Memberi tugas tambahan kepada siswa.

 

Berdasarkan deskripsi temuan dan hasil pengolahan data, penulis merenungkan dan mengingat kembali apa yang telah dilaksanakan selama pembelajaran siklus I, hasil pembelajaran siklus I direfleksikan atau dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II.

Berikut ini adalah data kolektif hasil tes materi IPA SD Negeri 03 Mulya Kencana Tulang Bawang Tengah  Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Tabel 6. Lembar Observasi Siklus I

No

ASPEK YANG DIOBSERVASI

HASIL

KET

B

C

K

I

Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)

 

 

 

B : Baik

 

a)    Kompetensi Dasar

 

 

C : Cukup

 

b)    Hasil belajar

 

 

K : Kurang

 

c)     Indikator

 

 

 

 

d)    Tujuan perbaikan

 

 

 

No

ASPEK YANG DIOBSERVASI

HASIL

KET

B

C

K

 

e)    Langkah pembelajaran

 

 

 

 

f)      Sarana dan sumber bahan serta metode

 

 

 

 

g)    Evaluasi

 

 

 

II

Kegiatan Guru

 

 

 

 

 

a)    Kesiapan

 

 

 

 

b)    Apersepsi

 

 

 

 

c)     Penggunaan Bahasa

 

 

 

 

d)    Penggunaan Materi

 

 

 

 

e)    Penyajian

 

 

 

 

f)      Penerapan/Penggunaan Metode

 

 

 

 

g)    Alokasi Waktu

 

 

 

 

h)    Penggunaan media/alat pembelajaran

 

 

 

III

Kegiatan Siswa

 

 

 

 

 

a.     Kesiapan

 

 

 

 

b.     Keaktifan

 

 

 

 

c.     Keberanian bertanya

 

 

 

 

d.     Keberanian menjawab pertanyaan

 

 

 

 

e.     Ungkapan/gagasan

 

 

 

 

f.      Hasil pengerjaan evaluasi

 

 

 

 

g.     Hasil Kesimpulan

 

 

 

 

h.     Penggunaan media/alat peraga

 

 

 

 

Tabel 7. Nilai IPA pada siklus I

No

Nama Siswa

KKM

Nilai Perbaikan Siklus I

Keterangan

1

Aditya Wahyu Pratama

65

60

Tidak Tuntas

2

Aldo Rifansa Arya Saputra

65

60

Tidak Tuntas

3

Alfa Yunita Moris

65

65

Tuntas

4

Alfandra Dio Darmawan

65

70

Tuntas

5

Anggit Rizky Kurniawan

65

70

Tuntas

6

Asta Adi Prayoga

65

75

Tuntas

7

Cindy Indah Rosa

65

80

Tuntas

8

Danda Kurniawan

65

60

Tidak Tuntas

No

Nama Siswa

KKM

Nilai Perbaikan Siklus I

Keterangan

9

Dela Anindia

65

60

Tidak Tuntas

10

Denia Nur Adita

65

55

Tidak Tuntas

11

Desty Setiawati

65

50

Tidak Tuntas

12

Eggi Widian Saputra

65

65

Tuntas

13

Fadhila Zahra Eka Nurafifah

65

65

Tuntas

14

Faiz Alif Firjatullah

65

80

Tuntas

15

Fila Fadila

65

80

Tuntas

16

Helsa Adisna

65

55

Tidak Tuntas

17

Lita Rahma Julianti

65

50

Tidak Tuntas

18

Mellya Dwi Lestari

65

70

Tuntas

19

Muhammad Fahmi Faturahman

65

70

Tuntas

20

Muhammad Ridho Kurniawan

65

75

Tuntas

21

Nabila Az-Zahra Husada

65

75

Tuntas

22

Qoriana Irsyadhi

65

70

Tuntas

23

Resa Liena Prita

65

80

Tuntas

24

Reval Ananda Pratama

65

50

Tidak Tuntas

25

Riky Wijaya

65

55

Tidak Tuntas

26

Sherly Nesya Widyawati

65

65

Tuntas

27

Shofi Nur Taqiyyah

65

70

Tuntas

28

Rahmat Hidayat

65

55

Tidak Tuntas

Rata-rata

65,54

Tuntas

 

 

Tabel 8.  Persentase nilai pada siklus I

No

Kriteria

Nilai

Jumlah Siswa

Persentase

Keterangan

1

Kurang Sekali

0 – 45

0

0,00%

Tidak Tuntas

2

Kurang

46 – 64

11

39,29%

Tidak Tuntas

3

Sedang

65 – 74

10

35,71%

Tuntas

4

Baik

75 – 85

7

25,00%

Tuntas

5

Baik Sekali

86 – 100

0

0,00%

Tuntas

Jumlah

28

100,00%

 

 

Berdasarkan hasil perolehan nilai tersebut maka penulis merencanakan untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.

 

Gambar 3. Observasi kelas (kiri), guru membimbing siswa belajar (kanan)

 

4.1.3.    Deskripsi Hasil Penelitian Siklus II

 

Perbaikan pembelajaran siklus II meliputi rencana siklus, pelaksanaan siklus dan refleksi. Dalam rencana siklus, penulis mengambil langkah-langkah sebagai berikut: Mempersiapkan rencana pembelajaran; Memilih sumber bahan; Menetapkan alat evaluasi; Menetapkan waktu pelaksanaan pembelajaran dan menganalisa hasil pembelajaran; Menyusun materi pelajaran yang akan disampaikan pembelajaran dengan mengumpulkan bahan dari buku paket dan buku penunjang; Memilih metode yang sesuai; Membuat rencana pembelajaran; Menyiapkan alat peraga; Berdiskusi dengan teman sejawat tentang rencana perbaikan; Menyiapkan cara merekan dan menganalisa data berkaitan dengan proses perbaikan.

 

Langkah-langkah pelaksanaan perbaikan yang penulis tempuh ada beberapa tahapan, yaitu: orientasi, observasi refleksi dan revisi. Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis lakukan adalah : (a) Menentukan kemampuan awal siswa, (b) Menetapkan tujuan pembelajaran, (c) Membahas materi pembelajaran, (d) Diskusi klasikal maupun kelompok, (e) Tanya jawab, (f) Membuat rangkuman dan kesimpulan materi pelajaran, (g) Melakukan evaluasi, (h) Memberi tugas tambahan kepada siswa.

 

Berdasarkan deskripsi temuan dan hasil pengolahan data, penulis merenungkan dan mengingat kembali apa yang telah dilaksanakan selama pembelajaran siklus II, hasil pembelajaran siklus II direfleksikan atau dilakukan tindakan perbaikan pada siklus III.

 

Berikut ini adalah data kolektif hasil tes materi IPA SD Negeri 03 Mulya Kencana Tulang Bawang Tengah  Kabupaten Tulang Bawang Barat pada Siklus II

 

Tabel 9. Lembar Observasi Siklus II

No

ASPEK YANG DIOBSERVASI

HASIL

KET

B

C

K

I

Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)

 

 

 

B : Baik

 

a.    Kompetensi Dasar

 

 

C : Cukup

 

b.    Hasil belajar

 

 

K : Kurang

 

c.     Indikator

 

 

 

 

d.    Tujuan perbaikan

 

 

 

 

e.    Langkah pembelajaran

 

 

 

 

f.      Sarana dan sumber bahan serta metode

 

 

 

 

g.    Evaluasi

 

 

 

II

Kegiatan Guru

 

 

 

 

 

a.    Kesiapan

 

 

 

 

b.    Apersepsi

 

 

 

 

c.     Penggunaan Bahasa

 

 

 

 

d.    Penggunaan Materi

 

 

 

 

e.    Penyajian

 

 

 

 

f.      Penerapan/Penggunaan Metode

 

 

 

 

g.    Alokasi Waktu

 

 

 

 

h.    Penggunaan media/alat pembelajaran

 

 

 

III

Kegiatan Siswa

 

 

 

 

 

a.    Kesiapan

 

 

 

 

b.    Keaktifan

 

 

 

 

c.     Keberanian bertanya

 

 

 

 

d.    Keberanian menjawab pertanyaan

 

 

 

 

e.    Ungkapan/gagasan

 

 

 

 

f.      Hasil pengerjaan evaluasi

 

 

 

No

ASPEK YANG DIOBSERVASI

HASIL

KET

B

C

K

 

g.    Hasil Kesimpulan

 

 

 

 

h.    Penggunaan media/ alat peraga

 

 

 

 

 

Tabel 10. Nilai IPA pada siklus II

No

Nama Siswa

KKM

Nilai Perbaikan Siklus II

Keterangan

1

Aditya Wahyu Pratama

65

65

Tuntas

2

Aldo Rifansa Arya Saputra

65

65

Tuntas

3

Alfa Yunita Moris

65

70

Tuntas

4

Alfandra Dio Darmawan

65

75

Tuntas

5

Anggit Rizky Kurniawan

65

75

Tuntas

6

Asta Adi Prayoga

65

80

Tuntas

7

Cindy Indah Rosa

65

85

Tuntas

8

Danda Kurniawan

65

70

Tuntas

9

Dela Anindia

65

70

Tuntas

10

Denia Nur Adita

65

60

Tidak Tuntas

11

Desty Setiawati

65

55

Tidak Tuntas

12

Eggi Widian Saputra

65

70

Tuntas

13

Fadhila Zahra Eka Nurafifah

65

70

Tuntas

14

Faiz Alif Firjatullah

65

85

Tuntas

15

Fila Fadila

65

85

Tuntas

16

Helsa Adisna

65

60

Tidak Tuntas

17

Lita Rahma Julianti

65

55

Tidak Tuntas

18

Mellya Dwi Lestari

65

75

Tuntas

19

Muhammad Fahmi Faturahman

65

75

Tuntas

20

Muhammad Ridho Kurniawan

65

80

Tuntas

21

Nabila Az-Zahra Husada

65

80

Tuntas

22

Qoriana Irsyadhi

65

75

Tuntas

23

Resa Liena Prita

65

85

Tuntas

24

Reval Ananda Pratama

65

55

Tidak Tuntas

25

Riky Wijaya

65

65

Tuntas

26

Sherly Nesya Widyawati

65

70

Tuntas

27

Shofi Nur Taqiyyah

65

75

Tuntas

No

Nama Siswa

KKM

Nilai Perbaikan Siklus II

Keterangan

28

Rahmat Hidayat

65

60

Tidak Tuntas

Rata-rata

71,07

Tuntas

 

 

Tabel 11.  Persentase nilai pada siklus II

No

Kriteria

Nilai

Jumlah Siswa

Persentase

Keterangan

1

Kurang Sekali

0 – 45

0

0,00%

Tidak Tuntas

2

Kurang

46 – 64

6

21,43%

Tidak Tuntas

3

Sedang

65 – 74

10

35,71%

Tuntas

4

Baik

75 – 85

12

42,86%

Tuntas

5

Baik Sekali

86 – 100

0

0,00%

Tuntas

Jumlah

28

100,00%

 

 

Berdasarkan hasil perolehan nilai tersebut maka penulis merencanakan untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus III (tiga) dengan menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.

 

Gambar 4. Bimbingan teman sejawat (kiri), siswa mengerjakan tugas (kanan)

4.1.4.    Deskripsi Hasil Penelitian Siklus III

 

Perbaikan pembelajaran siklus III meliputi rencana siklus, pelaksanaan siklus dan refleksi. Dalam rencana siklus, penulis mengambil langkah-langkah sebagai berikut: Mempersiapkan rencana pembelajaran; Memilih sumber bahan; Menetapkan alat evaluasi; Menetapkan waktu pelaksanaan pembelajaran dan menganalisa hasil pembelajaran; Menyusun materi pelajaran yang akan disampaikan pembelajaran dengan mengumpulkan bahan dari buku paket dan buku penunjang; Memilih metode yang sesuai; Membuat rencana pembelajaran; Menyiapkan alat peraga; Berdiskusi dengan teman sejawat tentang rencana perbaikan; Menyiapkan cara merekan dan menganalisa data berkaitan dengan proses perbaikan.

 

Langkah-langkah pelaksanaan perbaikan yang penulis tempuh ada beberapa tahapan, yaitu: orientasi, observasi refleksi dan revisi. Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis lakukan adalah : (a) Menentukan kemampuan awal siswa, (b) Menetapkan tujuan pembelajaran, (c) Membahas materi pembelajaran, (d) Diskusi klasikal maupun kelompok, (e) Tanya jawab, (f) Membuat rangkuman dan kesimpulan materi pelajaran, (g) Melakukan evaluasi, (h) Memberi tugas tambahan kepada siswa.

 

Berdasarkan deskripsi temuan dan hasil pengolahan data, penulis merenungkan dan mengingat kembali apa yang telah dilaksanakan selama pembelajaran siklus III, hasil pembelajaran siklus III digunakan untuk mengambil kesimpulan.

 

Tabel 12. Lembar Observasi Siklus III

No

ASPEK YANG DIOBSERVASI

HASIL

KET

B

C

K

I

Rencana Perbaikan Pembelajaran (RPP)

 

 

 

B : Baik

 

a)    Kompetensi Dasar

 

 

C : Cukup

 

b)    Hasil belajar

 

 

K : Kurang

 

c)     Indikator

 

 

 

 

d)    Tujuan perbaikan

 

 

 

 

e)    Langkah pembelajaran

 

 

 

 

f)      Sarana dan sumber bahan serta metode

 

 

 

 

g)    Evaluasi

 

 

 

II

Kegiatan Guru

 

 

 

 

 

a.     Kesiapan

 

 

 

 

b.     Apersepsi

 

 

 

 

c.     Penggunaan Bahasa

 

 

 

 

d.     Penggunaan Materi

 

 

 

 

e.     Penyajian

 

 

 

 

f.      Penerapan/Penggunaan Metode

 

 

 

No

ASPEK YANG DIOBSERVASI

HASIL

KET

B

C

K

 

g.     Alokasi Waktu

 

 

 

 

h.     Penggunaan media/alat pembelajaran

 

 

 

III

Kegiatan Siswa

 

 

 

 

 

a.     Kesiapan

 

 

 

 

b.     Keaktifan

 

 

 

 

c.     Keberanian bertanya

 

 

 

 

d.     Keberanian menjawab pertanyaan

 

 

 

 

e.     Ungkapan/gagasan

 

 

 

 

f.      Hasil pengerjaan evaluasi

 

 

 

 

g.     Hasil Kesimpulan

 

 

 

 

h.     Penggunaan media/ alat peraga

 

 

 

 

 

Tabel 13. Nilai IPA pada siklus III

No

Nama Siswa

KKM

Nilai Perbaikan Siklus III

Keterangan

1

Aditya Wahyu Pratama

65

70

Tuntas

2

Aldo Rifansa Arya Saputra

65

75

Tuntas

3

Alfa Yunita Moris

65

75

Tuntas

4

Alfandra Dio Darmawan

65

80

Tuntas

5

Anggit Rizky Kurniawan

65

80

Tuntas

6

Asta Adi Prayoga

65

85

Tuntas

7

Cindy Indah Rosa

65

90

Tuntas

8

Danda Kurniawan

65

80

Tuntas

9

Dela Anindia

65

75

Tuntas

10

Denia Nur Adita

65

70

Tuntas

11

Desty Setiawati

65

60

Tidak Tuntas

12

Eggi Widian Saputra

65

75

Tuntas

13

Fadhila Zahra Eka Nurafifah

65

75

Tuntas

14

Faiz Alif Firjatullah

65

90

Tuntas

15

Fila Fadila

65

90

Tuntas

16

Helsa Adisna

65

65

Tuntas

17

Lita Rahma Julianti

65

60

Tidak Tuntas

No

Nama Siswa

KKM

Nilai Perbaikan Siklus III

Keterangan

18

Mellya Dwi Lestari

65

80

Tuntas

19

Muhammad Fahmi Faturahman

65

80

Tuntas

20

Muhammad Ridho Kurniawan

65

90

Tuntas

21

Nabila Az-Zahra Husada

65

85

Tuntas

22

Qoriana Irsyadhi

65

80

Tuntas

23

Resa Liena Prita

65

85

Tuntas

24

Reval Ananda Pratama

65

60

Tidak Tuntas

25

Riky Wijaya

65

70

Tuntas

26

Sherly Nesya Widyawati

65

75

Tuntas

27

Shofi Nur Taqiyyah

65

80

Tuntas

28

Rahmat Hidayat

65

65

Tuntas

Rata-rata

76,61

Tuntas

 

 

Tabel 14.  Persentase Ketuntasan Belajar Siswa Siklus III

No

Kriteria

Nilai

Jumlah Siswa

Persentase

Keterangan

1

Kurang Sekali

0 – 45

0

0,00%

Tidak Tuntas

2

Kurang

46 – 64

3

10,71%

Tidak Tuntas

3

Sedang

65 – 74

5

17,86%

Tuntas

No

Kriteria

Nilai

Jumlah Siswa

Persentase

Keterangan

4

Baik

75 – 85

16

57,14%

Tuntas

5

Baik Sekali

86 – 100

4

14,29%

Tuntas

Jumlah

28

100,00%

 

 

                        

 

Gambar 5. Guru membimbing siswa belajar (kiri), siswa memperhatikan penjelasan guru (kanan)


 BACA ARTIKEL SELANJUTNYA BAB V

 

4.2.    Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran

4.2.1.    Hasil Nilai Penelitian Sebelum Perbaikan Pembelajaran

Dilihat dari pengolahan data mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, secara berurutan sebelum siklus I yang mendapat rentang nilai 46-64 ada 11 siswa (39,28%), dan yang mendapatkan rentang nilai 65-74 ada 11 siswa (39,28%), yang mendapat rentang nilai 75-85 ada 5 siswa (17,86%) dengan nilai rata-rata kelas mencapai 64,82. Sebagian (39,29%) siswa belum mencapai tingkat ketuntasan dengan standar KKM 65 secara signifikan dan memuaskan maka perlu dilakukan perbaikan pada siklus I.

Tabel 15 Rerata perolehan nilai siswa sebelum perbaikan pembelajaran

No

Mata pelajaran

Rata-rata nilai

keterangan

1

IPA

64,82

Pra Siklus

4.2.2.    Pembahasan Siklus I

Dilihat dari pengolahan data mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, secara berurutan Siklus I yang mendapat rentang nilai 46-64 ada 11 siswa (39,29%), dan yang mendapatkan rentang nilai 65-74 ada 10 siswa (35,71%), yang mendapat rentang nilai 75-85 ada 7 siswa (25%) dengan nilai rata-rata kelas mencapai 65,54. Sebagian (39,29%) siswa belum mencapai tingkat ketuntasan dengan standar KKM 65 secara signifikan dan memuaskan maka perlu dilakukan perbaikan pada siklus II.

Tabel 16 Rerata perolehan nilai sebelum perbaikan pembelajaran dan siklus I

No

Mata pelajaran

Rata-rata nilai

Keterangan

1

IPA

64,82

Pra Siklus

2

IPA

65,54

Siklus I

4.2.3.    Pembahasan Siklus II

Dilihat dari pengolahan data mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, secara berurutan Siklus II yang mendapat rentang nilai 46-64 ada 6 siswa (21,43%), dan yang mendapatkan rentang nilai 65-74 ada 10 siswa (35,71%), yang mendapat rentang nilai 75-85 ada 12 siswa (42,86%) dengan nilai rata-rata kelas mencapai 71,07. Secara signifikan peningkatan nilai belum memuaskan maka perlu dilakukan perbaikan pada siklus III.

Tabel 17 Rerata perolehan nilai sebelum perbaikan pembelajaran hingga siklus II

No

Mata pelajaran

Rata-rata nilai

Keterangan

1

IPA

64,82

Pra Siklus

2

IPA

65,54

Siklus I

3

IPA

71,07

Siklus II

 

4.2.4.    Pembahasan Siklus III

Hasil pembelajaran siklus III, siswa yang mendapat rentang nilai 46-64 ada 3 siswa (10,71%), yang mendapatkan rentang nilai 65-74 ada 5 siswa (17,86%), yang mendapatkan rentang nilai 75-85 ada 16 siswa (57,14%), siswa yang mendapat rentang nilai 86-100 ada 4 siswa (14,29%) dengan nilai rata-rata 76,61. Hasil ini telah menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan siswa dengan menggunakan metode alat peraga dalam meningkatkan pemahan siswa terhadap pelajaran.

Tabel 18 Rerata perolehan nilai sebelum perbaikan pembelajaran hingga siklus III

No

Mata pelajaran

Rata-rata nilai

Keterangan

1

IPA

64,82

Pra Siklus

2

IPA

65,54

Siklus I

3

IPA

71,07

Siklus II

4

IPA

76,61

Siklus III

 

Data nilai tersebut apabila dipersentasikan terhadap semua siklus diatas, maka akan tampak seperti table berikut.

Table 19 Persentasi pra siklus hingga siklus III.

No

Siklus

Rata-rata nilai

Persentase

1

Pra Siklus

64,82

23,32 %

2

Siklus I

65,54

23,57 %

3

Siklus II

71,07

25,56 %

4

Siklus III

76,61

27,55 %

 

 

278.04

100 %

Posting Komentar untuk "CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAB IV OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA"