CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAB IV OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1.
Deskripsi
Hasil Penelitian Perbaikan
Pembelajaran
Berikut
ini hasil obervasi siswa yang menjawab soal tes formatif yang
diberikan, tes yang dimaksud adalah tes yang ada dalam setiap rencana perbaikan
pembelajaran disetiap siklus.
4.1.1.
Deskripsi
Sebelum Perbaikan
Pembelajaran
Perbaikan
pembelajaran pra siklus meliputi rencana siklus, pelaksanaan siklus dan
refleksi. Dalam rencana siklus, penulis mengambil langkah-langkah kegiatan
yaitu: merencanakan jumlah siklus yang akan dilaksanakan; Mempersiapkan rencana
pembelajaran; Memilih sumber bahan; Menetapkan alat evaluasi; Menetapkan waktu
pelaksanaan pembelajaran dan menganalisa hasil pembelajaran; Menyusun materi
pelajaran yang akan disampaikan pembelajaran dengan mengumpulkan bahan dari
buku paket dan buku penunjang; Memilih metode yang sesuai; Membuat rencana
pembelajaran; Menyiapkan alat peraga; Berdiskusi dengan teman sejawat tentang
rencana perbaikan; Menyiapkan cara merekan dan menganalisa data berkaitan
dengan proses perbaikan.
Langkah-langkah
pelaksanaan perbaikan yang penulis tempuh ada beberapa tahapan, yaitu: orientasi,
observasi refleksi dan revisi. Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis lakukan
adalah : (a) Menentukan kemampuan awal siswa, (b) Menetapkan tujuan pembelajaran,
(c) Membahas materi pembelajaran, (d) Diskusi klasikal maupun kelompok, (e) Tanya
jawab, (f) Membuat rangkuman dan kesimpulan materi pelajaran, (g) Melakukan
evaluasi, (h) Memberi tugas tambahan kepada siswa.
Berdasarkan deskripsi temuan dan hasil pengolahan data, penulis
merenungkan dan mengingat kembali apa yang telah dilaksanakan selama
pembelajaran pra siklus, hasil pembelajaran pra siklus direfleksikan atau dilakukan
tindakan perbaikan pada siklus I.
Berikut
ini adalah data kolektif hasil tes Pra Siklus I materi IPA SD Negeri 03
Mulya Kencana Tulang Bawang Tengah
Kabupaten Tulang Bawang Barat.
Tabel 3. Lembar Observasi Sebelum
Perbaikan Pembelajaran
|
No |
ASPEK
YANG DIOBSERVASI |
HASIL |
KET |
||
|
B |
C |
K |
|||
|
I |
Rencana
Perbaikan Pembelajaran (RPP) |
|
|
|
B : Baik |
|
|
a.
Kompetensi Dasar |
√ |
|
|
C : Cukup |
|
|
b.
Hasil belajar |
√ |
|
|
K :
Kurang |
|
|
c.
Indikator |
√ |
|
|
|
|
|
d.
Tujuan perbaikan |
√ |
|
|
|
|
|
e.
Langkah pembelajaran |
|
√ |
|
|
|
|
f.
Sarana dan sumber bahan serta
metode |
|
√ |
|
|
|
|
g.
Evaluasi |
√ |
|
|
|
|
II |
Kegiatan Guru |
|
|
|
|
|
|
a.
Kesiapan |
√ |
|
|
|
|
|
b.
Apersepsi |
√ |
|
|
|
|
|
c.
Penggunaan Bahasa |
√ |
|
|
|
|
|
d.
Penggunaan Materi |
√ |
|
|
|
|
|
e.
Penyajian |
√ |
|
|
|
|
|
f.
Penerapan/Penggunaan Metode |
|
√ |
|
|
|
|
g.
Alokasi Waktu |
√ |
|
|
|
|
|
h.
Penggunaan media/alat
pembelajaran |
|
√ |
|
|
|
III |
Kegiatan Siswa |
|
|
|
|
|
|
a.
Kesiapan |
√ |
|
|
|
|
|
b.
Keaktifan |
|
√ |
|
|
|
|
c.
Keberanian bertanya |
|
√ |
|
|
|
|
d.
Keberanian menjawab pertanyaan |
|
√ |
|
|
|
|
e.
Ungkapan/gagasan |
√ |
|
|
|
|
|
f.
Hasil pengerjaan evaluasi |
|
|
√ |
|
|
|
g.
Hasil Kesimpulan |
|
√ |
|
|
|
|
h.
Penggunaan media/alat peraga |
|
|
√ |
|
Tabel 4. Nilai IPA Sebelum Perbaikan Pembelajaran
|
No |
Nama
Siswa |
KKM |
Nilai
Sebelum Perbaikan |
Keterangan |
|
1 |
Aditya Wahyu Pratama |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
2 |
Aldo Rifansa Arya Saputra |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
3 |
Alfa Yunita Moris |
65 |
65 |
Tuntas |
|
4 |
Alfandra Dio Darmawan |
65 |
70 |
Tuntas |
|
5 |
Anggit Rizky Kurniawan |
65 |
70 |
Tuntas |
|
6 |
Asta Adi Prayoga |
65 |
75 |
Tuntas |
|
7 |
Cindy Indah Rosa |
65 |
80 |
Tuntas |
|
8 |
Danda Kurniawan |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
9 |
Dela Anindia |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
10 |
Denia Nur Adita |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
11 |
Desty Setiawati |
65 |
50 |
Tidak
Tuntas |
|
12 |
Eggi Widian Saputra |
65 |
65 |
Tuntas |
|
13 |
Fadhila Zahra Eka Nurafifah |
65 |
65 |
Tuntas |
|
14 |
Faiz Alif Firjatullah |
65 |
80 |
Tuntas |
|
15 |
Fila Fadila |
65 |
70 |
Tuntas |
|
16 |
Helsa Adisna |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
17 |
Lita Rahma Julianti |
65 |
50 |
Tidak
Tuntas |
|
18 |
Mellya Dwi Lestari |
65 |
70 |
Tuntas |
|
19 |
Muhammad Fahmi Faturahman |
65 |
70 |
Tuntas |
|
20 |
Muhammad Ridho Kurniawan |
65 |
75 |
Tuntas |
|
21 |
Nabila Az-Zahra Husada |
65 |
75 |
Tuntas |
|
22 |
Qoriana Irsyadhi |
65 |
70 |
Tuntas |
|
23 |
Resa Liena Prita |
65 |
70 |
Tuntas |
|
24 |
Reval Ananda Pratama |
65 |
50 |
Tidak
Tuntas |
|
No |
Nama
Siswa |
KKM |
Nilai
Sebelum Perbaikan |
Keterangan |
|
25 |
Riky Wijaya |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
26 |
Sherly Nesya Widyawati |
65 |
65 |
Tuntas |
|
27 |
Shofi Nur Taqiyyah |
65 |
70 |
Tuntas |
|
28 |
Rahmat
Hidayat |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
Rata-rata |
64,82 |
Tuntas |
||
Tabel 5. Persentase nilai Sebelum
Perbaikan Pembelajaran
|
No |
Kriteria |
Nilai |
Jumlah Siswa |
Presentase |
Keterangan |
|
1 |
Kurang Sekali |
0 – 45 |
0 |
0,00% |
Tidak Tuntas |
|
2 |
Kurang |
46 – 64 |
11 |
39,28% |
Tidak Tuntas |
|
3 |
Sedang |
65 – 74 |
12 |
42,86% |
Tuntas |
|
4 |
Baik |
75 – 85 |
5 |
17,86% |
Tuntas |
|
5 |
Baik Sekali |
86 – 100 |
0 |
0,00% |
Tuntas |
|
Jumlah |
28 |
100,00% |
|
||
Berdasarkan hasil
perolehan nilai tersebut di atas, maka penulis merasa perlu untuk melakukan
perbaikan pembelajaran pada siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran
dengan menggunakan media pembelajaran.
Gambar 2. Bimbingan teman
sejawat (kiri), pengamatan kelas (kanan)
4.1.2.
Deskripsi
Hasil Penelitian Siklus I
Perbaikan
pembelajaran siklus I meliputi rencana siklus, pelaksanaan siklus dan refleksi.
Dalam rencana siklus, penulis mengambil langkah-langkah sebagai berikut:
Mempersiapkan rencana pembelajaran; Memilih sumber bahan; Menetapkan alat
evaluasi; Menetapkan waktu pelaksanaan pembelajaran dan menganalisa hasil
pembelajaran; Menyusun materi pelajaran yang akan disampaikan pembelajaran
dengan mengumpulkan bahan dari buku paket dan buku penunjang; Memilih metode
yang sesuai; Membuat rencana pembelajaran; Menyiapkan alat peraga; Berdiskusi dengan
teman sejawat tentang rencana perbaikan; Menyiapkan cara merekan dan
menganalisa data berkaitan dengan proses perbaikan.
Langkah-langkah
pelaksanaan perbaikan yang penulis tempuh ada beberapa tahapan, yaitu: orientasi,
observasi refleksi dan revisi. Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis lakukan
adalah : (a) Menentukan kemampuan awal siswa, (b) Menetapkan tujuan
pembelajaran, (c) Membahas materi pembelajaran, (d) Diskusi klasikal maupun
kelompok, (e) Tanya jawab, (f) Membuat rangkuman dan kesimpulan materi
pelajaran, (g) Melakukan evaluasi, (h) Memberi tugas tambahan kepada siswa.
Berdasarkan deskripsi temuan dan hasil pengolahan data, penulis
merenungkan dan mengingat kembali apa yang telah dilaksanakan selama
pembelajaran siklus I, hasil pembelajaran siklus I direfleksikan atau dilakukan
tindakan perbaikan pada siklus II.
Berikut
ini adalah data kolektif hasil tes materi IPA SD Negeri 03
Mulya Kencana Tulang Bawang Tengah
Kabupaten Tulang Bawang Barat.
Tabel 6. Lembar Observasi
Siklus I
|
No |
ASPEK
YANG DIOBSERVASI |
HASIL |
KET |
||
|
B |
C |
K |
|||
|
I |
Rencana
Perbaikan Pembelajaran (RPP) |
|
|
|
B : Baik |
|
|
a)
Kompetensi Dasar |
√ |
|
|
C : Cukup |
|
|
b)
Hasil belajar |
√ |
|
|
K :
Kurang |
|
|
c)
Indikator |
√ |
|
|
|
|
|
d)
Tujuan perbaikan |
√ |
|
|
|
|
No |
ASPEK
YANG DIOBSERVASI |
HASIL |
KET |
||
|
B |
C |
K |
|||
|
|
e)
Langkah pembelajaran |
|
√ |
|
|
|
|
f)
Sarana dan sumber bahan serta
metode |
|
√ |
|
|
|
|
g)
Evaluasi |
√ |
|
|
|
|
II |
Kegiatan Guru |
|
|
|
|
|
|
a)
Kesiapan |
√ |
|
|
|
|
|
b)
Apersepsi |
√ |
|
|
|
|
|
c)
Penggunaan Bahasa |
√ |
|
|
|
|
|
d)
Penggunaan Materi |
√ |
|
|
|
|
|
e)
Penyajian |
√ |
|
|
|
|
|
f)
Penerapan/Penggunaan Metode |
|
√ |
|
|
|
|
g)
Alokasi Waktu |
√ |
|
|
|
|
|
h)
Penggunaan media/alat
pembelajaran |
|
√ |
|
|
|
III |
Kegiatan Siswa |
|
|
|
|
|
|
a.
Kesiapan |
√ |
|
|
|
|
|
b.
Keaktifan |
|
√ |
|
|
|
|
c.
Keberanian bertanya |
|
√ |
|
|
|
|
d.
Keberanian menjawab pertanyaan |
|
√ |
|
|
|
|
e.
Ungkapan/gagasan |
√ |
|
|
|
|
|
f.
Hasil pengerjaan evaluasi |
|
|
√ |
|
|
|
g.
Hasil Kesimpulan |
|
√ |
|
|
|
|
h.
Penggunaan media/alat peraga |
|
|
√ |
|
Tabel 7. Nilai
IPA pada siklus I
|
No |
Nama
Siswa |
KKM |
Nilai
Perbaikan Siklus I |
Keterangan |
|
1 |
Aditya Wahyu Pratama |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
2 |
Aldo Rifansa Arya Saputra |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
3 |
Alfa Yunita Moris |
65 |
65 |
Tuntas |
|
4 |
Alfandra Dio Darmawan |
65 |
70 |
Tuntas |
|
5 |
Anggit Rizky Kurniawan |
65 |
70 |
Tuntas |
|
6 |
Asta Adi Prayoga |
65 |
75 |
Tuntas |
|
7 |
Cindy Indah Rosa |
65 |
80 |
Tuntas |
|
8 |
Danda Kurniawan |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
No |
Nama
Siswa |
KKM |
Nilai
Perbaikan Siklus I |
Keterangan |
|
9 |
Dela Anindia |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
10 |
Denia Nur Adita |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
11 |
Desty Setiawati |
65 |
50 |
Tidak
Tuntas |
|
12 |
Eggi Widian Saputra |
65 |
65 |
Tuntas |
|
13 |
Fadhila Zahra Eka Nurafifah |
65 |
65 |
Tuntas |
|
14 |
Faiz Alif Firjatullah |
65 |
80 |
Tuntas |
|
15 |
Fila Fadila |
65 |
80 |
Tuntas |
|
16 |
Helsa Adisna |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
17 |
Lita Rahma Julianti |
65 |
50 |
Tidak
Tuntas |
|
18 |
Mellya Dwi Lestari |
65 |
70 |
Tuntas |
|
19 |
Muhammad Fahmi Faturahman |
65 |
70 |
Tuntas |
|
20 |
Muhammad Ridho Kurniawan |
65 |
75 |
Tuntas |
|
21 |
Nabila Az-Zahra Husada |
65 |
75 |
Tuntas |
|
22 |
Qoriana Irsyadhi |
65 |
70 |
Tuntas |
|
23 |
Resa Liena Prita |
65 |
80 |
Tuntas |
|
24 |
Reval Ananda Pratama |
65 |
50 |
Tidak
Tuntas |
|
25 |
Riky Wijaya |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
26 |
Sherly Nesya Widyawati |
65 |
65 |
Tuntas |
|
27 |
Shofi Nur Taqiyyah |
65 |
70 |
Tuntas |
|
28 |
Rahmat
Hidayat |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
Rata-rata |
65,54 |
Tuntas |
||
Tabel 8. Persentase nilai
pada siklus I
|
No |
Kriteria |
Nilai |
Jumlah
Siswa |
Persentase |
Keterangan |
|
1 |
Kurang Sekali |
0 – 45 |
0 |
0,00% |
Tidak Tuntas |
|
2 |
Kurang |
46 – 64 |
11 |
39,29% |
Tidak Tuntas |
|
3 |
Sedang |
65 – 74 |
10 |
35,71% |
Tuntas |
|
4 |
Baik |
75 – 85 |
7 |
25,00% |
Tuntas |
|
5 |
Baik Sekali |
86 – 100 |
0 |
0,00% |
Tuntas |
|
Jumlah |
28 |
100,00% |
|
||
Berdasarkan hasil
perolehan nilai tersebut maka penulis merencanakan untuk melaksanakan perbaikan
pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode pembelajaran
dengan menggunakan media pembelajaran.
Gambar 3.
Observasi kelas (kiri), guru membimbing siswa belajar (kanan)
4.1.3.
Deskripsi
Hasil Penelitian Siklus II
Perbaikan
pembelajaran siklus II meliputi rencana siklus, pelaksanaan siklus dan refleksi.
Dalam rencana siklus, penulis mengambil langkah-langkah sebagai berikut:
Mempersiapkan rencana pembelajaran; Memilih sumber bahan; Menetapkan alat
evaluasi; Menetapkan waktu pelaksanaan pembelajaran dan menganalisa hasil
pembelajaran; Menyusun materi pelajaran yang akan disampaikan pembelajaran
dengan mengumpulkan bahan dari buku paket dan buku penunjang; Memilih metode
yang sesuai; Membuat rencana pembelajaran; Menyiapkan alat peraga; Berdiskusi dengan
teman sejawat tentang rencana perbaikan; Menyiapkan cara merekan dan
menganalisa data berkaitan dengan proses perbaikan.
Langkah-langkah
pelaksanaan perbaikan yang penulis tempuh ada beberapa tahapan, yaitu: orientasi,
observasi refleksi dan revisi. Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis lakukan
adalah : (a) Menentukan kemampuan awal siswa, (b) Menetapkan tujuan
pembelajaran, (c) Membahas materi pembelajaran, (d) Diskusi klasikal maupun
kelompok, (e) Tanya jawab, (f) Membuat rangkuman dan kesimpulan materi
pelajaran, (g) Melakukan evaluasi, (h) Memberi tugas tambahan kepada siswa.
Berdasarkan deskripsi temuan dan hasil pengolahan data, penulis
merenungkan dan mengingat kembali apa yang telah dilaksanakan selama
pembelajaran siklus II, hasil pembelajaran siklus II direfleksikan atau dilakukan
tindakan perbaikan pada siklus III.
Berikut
ini adalah data kolektif hasil tes materi IPA SD Negeri 03
Mulya Kencana Tulang Bawang Tengah
Kabupaten Tulang Bawang Barat pada Siklus II
Tabel 9. Lembar
Observasi Siklus II
|
No |
ASPEK
YANG DIOBSERVASI |
HASIL |
KET |
||
|
B |
C |
K |
|||
|
I |
Rencana Perbaikan
Pembelajaran (RPP) |
|
|
|
B : Baik |
|
|
a.
Kompetensi Dasar |
√ |
|
|
C : Cukup |
|
|
b.
Hasil belajar |
√ |
|
|
K :
Kurang |
|
|
c.
Indikator |
√ |
|
|
|
|
|
d.
Tujuan perbaikan |
√ |
|
|
|
|
|
e.
Langkah pembelajaran |
√ |
|
|
|
|
|
f.
Sarana dan sumber bahan serta
metode |
√ |
|
|
|
|
|
g.
Evaluasi |
√ |
|
|
|
|
II |
Kegiatan Guru |
|
|
|
|
|
|
a.
Kesiapan |
√ |
|
|
|
|
|
b.
Apersepsi |
√ |
|
|
|
|
|
c.
Penggunaan Bahasa |
√ |
|
|
|
|
|
d.
Penggunaan Materi |
√ |
|
|
|
|
|
e.
Penyajian |
√ |
|
|
|
|
|
f.
Penerapan/Penggunaan Metode |
√ |
|
|
|
|
|
g.
Alokasi Waktu |
√ |
|
|
|
|
|
h.
Penggunaan media/alat
pembelajaran |
√ |
|
|
|
|
III |
Kegiatan Siswa |
|
|
|
|
|
|
a.
Kesiapan |
√ |
|
|
|
|
|
b.
Keaktifan |
√ |
|
|
|
|
|
c.
Keberanian bertanya |
√ |
|
|
|
|
|
d.
Keberanian menjawab pertanyaan |
√ |
|
|
|
|
|
e.
Ungkapan/gagasan |
√ |
|
|
|
|
|
f.
Hasil pengerjaan evaluasi |
√ |
|
|
|
|
No |
ASPEK
YANG DIOBSERVASI |
HASIL |
KET |
||
|
B |
C |
K |
|||
|
|
g.
Hasil Kesimpulan |
√ |
|
|
|
|
|
h.
Penggunaan media/ alat peraga |
√ |
|
|
|
Tabel 10. Nilai IPA pada siklus II
|
No |
Nama
Siswa |
KKM |
Nilai
Perbaikan Siklus II |
Keterangan |
|
1 |
Aditya Wahyu Pratama |
65 |
65 |
Tuntas |
|
2 |
Aldo Rifansa Arya Saputra |
65 |
65 |
Tuntas |
|
3 |
Alfa Yunita Moris |
65 |
70 |
Tuntas |
|
4 |
Alfandra Dio Darmawan |
65 |
75 |
Tuntas |
|
5 |
Anggit Rizky Kurniawan |
65 |
75 |
Tuntas |
|
6 |
Asta Adi Prayoga |
65 |
80 |
Tuntas |
|
7 |
Cindy Indah Rosa |
65 |
85 |
Tuntas |
|
8 |
Danda Kurniawan |
65 |
70 |
Tuntas |
|
9 |
Dela Anindia |
65 |
70 |
Tuntas |
|
10 |
Denia Nur Adita |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
11 |
Desty Setiawati |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
12 |
Eggi Widian Saputra |
65 |
70 |
Tuntas |
|
13 |
Fadhila Zahra Eka Nurafifah |
65 |
70 |
Tuntas |
|
14 |
Faiz Alif Firjatullah |
65 |
85 |
Tuntas |
|
15 |
Fila Fadila |
65 |
85 |
Tuntas |
|
16 |
Helsa Adisna |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
17 |
Lita Rahma Julianti |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
18 |
Mellya Dwi Lestari |
65 |
75 |
Tuntas |
|
19 |
Muhammad Fahmi Faturahman |
65 |
75 |
Tuntas |
|
20 |
Muhammad Ridho Kurniawan |
65 |
80 |
Tuntas |
|
21 |
Nabila Az-Zahra Husada |
65 |
80 |
Tuntas |
|
22 |
Qoriana Irsyadhi |
65 |
75 |
Tuntas |
|
23 |
Resa Liena Prita |
65 |
85 |
Tuntas |
|
24 |
Reval Ananda Pratama |
65 |
55 |
Tidak
Tuntas |
|
25 |
Riky Wijaya |
65 |
65 |
Tuntas |
|
26 |
Sherly Nesya Widyawati |
65 |
70 |
Tuntas |
|
27 |
Shofi Nur Taqiyyah |
65 |
75 |
Tuntas |
|
No |
Nama Siswa |
KKM |
Nilai Perbaikan Siklus II |
Keterangan |
|
28 |
Rahmat
Hidayat |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
Rata-rata |
71,07 |
Tuntas |
||
Tabel 11.
Persentase nilai pada siklus II
|
No |
Kriteria |
Nilai |
Jumlah
Siswa |
Persentase |
Keterangan |
|
1 |
Kurang
Sekali |
0
– 45 |
0 |
0,00% |
Tidak
Tuntas |
|
2 |
Kurang |
46
– 64 |
6 |
21,43% |
Tidak
Tuntas |
|
3 |
Sedang |
65
– 74 |
10 |
35,71% |
Tuntas |
|
4 |
Baik |
75
– 85 |
12 |
42,86% |
Tuntas
|
|
5 |
Baik
Sekali |
86
– 100 |
0 |
0,00% |
Tuntas
|
|
Jumlah |
28 |
100,00% |
|
||
Berdasarkan hasil
perolehan nilai tersebut maka penulis merencanakan untuk melaksanakan perbaikan
pembelajaran pada siklus III (tiga) dengan menggunakan metode pembelajaran
dengan menggunakan media pembelajaran.
Gambar 4. Bimbingan teman sejawat (kiri), siswa mengerjakan tugas
(kanan)
4.1.4.
Deskripsi
Hasil Penelitian Siklus III
Perbaikan
pembelajaran siklus III meliputi rencana siklus, pelaksanaan siklus dan refleksi.
Dalam rencana siklus, penulis mengambil langkah-langkah sebagai berikut:
Mempersiapkan rencana pembelajaran; Memilih sumber bahan; Menetapkan alat
evaluasi; Menetapkan waktu pelaksanaan pembelajaran dan menganalisa hasil
pembelajaran; Menyusun materi pelajaran yang akan disampaikan pembelajaran
dengan mengumpulkan bahan dari buku paket dan buku penunjang; Memilih metode
yang sesuai; Membuat rencana pembelajaran; Menyiapkan alat peraga; Berdiskusi
dengan teman sejawat tentang rencana perbaikan; Menyiapkan cara merekan dan
menganalisa data berkaitan dengan proses perbaikan.
Langkah-langkah
pelaksanaan perbaikan yang penulis tempuh ada beberapa tahapan, yaitu: orientasi,
observasi refleksi dan revisi. Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis lakukan
adalah : (a) Menentukan kemampuan awal siswa, (b) Menetapkan tujuan pembelajaran,
(c) Membahas materi pembelajaran, (d) Diskusi klasikal maupun kelompok, (e) Tanya
jawab, (f) Membuat rangkuman dan kesimpulan materi pelajaran, (g) Melakukan
evaluasi, (h) Memberi tugas tambahan kepada siswa.
Berdasarkan deskripsi temuan dan hasil pengolahan data, penulis
merenungkan dan mengingat kembali apa yang telah dilaksanakan selama
pembelajaran siklus III, hasil pembelajaran siklus III digunakan untuk
mengambil kesimpulan.
Tabel 12. Lembar
Observasi Siklus III
|
No |
ASPEK
YANG DIOBSERVASI |
HASIL |
KET |
||
|
B |
C |
K |
|||
|
I |
Rencana
Perbaikan Pembelajaran (RPP) |
|
|
|
B : Baik |
|
|
a)
Kompetensi Dasar |
√ |
|
|
C : Cukup |
|
|
b)
Hasil belajar |
√ |
|
|
K :
Kurang |
|
|
c)
Indikator |
√ |
|
|
|
|
|
d)
Tujuan perbaikan |
√ |
|
|
|
|
|
e)
Langkah pembelajaran |
√ |
|
|
|
|
|
f)
Sarana dan sumber bahan serta metode |
√ |
|
|
|
|
|
g)
Evaluasi |
√ |
|
|
|
|
II |
Kegiatan Guru |
|
|
|
|
|
|
a.
Kesiapan |
√ |
|
|
|
|
|
b.
Apersepsi |
√ |
|
|
|
|
|
c.
Penggunaan Bahasa |
√ |
|
|
|
|
|
d.
Penggunaan Materi |
√ |
|
|
|
|
|
e.
Penyajian |
√ |
|
|
|
|
|
f.
Penerapan/Penggunaan Metode |
√ |
|
|
|
|
No |
ASPEK
YANG DIOBSERVASI |
HASIL |
KET |
||
|
B |
C |
K |
|||
|
|
g.
Alokasi Waktu |
√ |
|
|
|
|
|
h.
Penggunaan media/alat
pembelajaran |
√ |
|
|
|
|
III |
Kegiatan Siswa |
|
|
|
|
|
|
a.
Kesiapan |
√ |
|
|
|
|
|
b.
Keaktifan |
√ |
|
|
|
|
|
c.
Keberanian bertanya |
√ |
|
|
|
|
|
d.
Keberanian menjawab pertanyaan |
√ |
|
|
|
|
|
e.
Ungkapan/gagasan |
√ |
|
|
|
|
|
f.
Hasil pengerjaan evaluasi |
√ |
|
|
|
|
|
g.
Hasil Kesimpulan |
√ |
|
|
|
|
|
h.
Penggunaan media/ alat peraga |
√ |
|
|
|
Tabel 13. Nilai IPA pada siklus III
|
No |
Nama
Siswa |
KKM |
Nilai
Perbaikan Siklus III |
Keterangan |
|
1 |
Aditya Wahyu Pratama |
65 |
70 |
Tuntas |
|
2 |
Aldo Rifansa Arya Saputra |
65 |
75 |
Tuntas |
|
3 |
Alfa Yunita Moris |
65 |
75 |
Tuntas |
|
4 |
Alfandra Dio Darmawan |
65 |
80 |
Tuntas |
|
5 |
Anggit Rizky Kurniawan |
65 |
80 |
Tuntas |
|
6 |
Asta Adi Prayoga |
65 |
85 |
Tuntas |
|
7 |
Cindy Indah Rosa |
65 |
90 |
Tuntas |
|
8 |
Danda Kurniawan |
65 |
80 |
Tuntas |
|
9 |
Dela Anindia |
65 |
75 |
Tuntas |
|
10 |
Denia Nur Adita |
65 |
70 |
Tuntas |
|
11 |
Desty Setiawati |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
12 |
Eggi Widian Saputra |
65 |
75 |
Tuntas |
|
13 |
Fadhila Zahra Eka Nurafifah |
65 |
75 |
Tuntas |
|
14 |
Faiz Alif Firjatullah |
65 |
90 |
Tuntas |
|
15 |
Fila Fadila |
65 |
90 |
Tuntas |
|
16 |
Helsa Adisna |
65 |
65 |
Tuntas |
|
17 |
Lita Rahma Julianti |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
No |
Nama
Siswa |
KKM |
Nilai
Perbaikan Siklus III |
Keterangan |
|
18 |
Mellya Dwi Lestari |
65 |
80 |
Tuntas |
|
19 |
Muhammad Fahmi Faturahman |
65 |
80 |
Tuntas |
|
20 |
Muhammad Ridho Kurniawan |
65 |
90 |
Tuntas |
|
21 |
Nabila Az-Zahra Husada |
65 |
85 |
Tuntas |
|
22 |
Qoriana Irsyadhi |
65 |
80 |
Tuntas |
|
23 |
Resa Liena Prita |
65 |
85 |
Tuntas |
|
24 |
Reval Ananda Pratama |
65 |
60 |
Tidak
Tuntas |
|
25 |
Riky Wijaya |
65 |
70 |
Tuntas |
|
26 |
Sherly Nesya Widyawati |
65 |
75 |
Tuntas |
|
27 |
Shofi Nur Taqiyyah |
65 |
80 |
Tuntas |
|
28 |
Rahmat
Hidayat |
65 |
65 |
Tuntas |
|
Rata-rata |
76,61 |
Tuntas |
||
Tabel 14. Persentase
Ketuntasan Belajar Siswa Siklus III
|
No |
Kriteria |
Nilai |
Jumlah
Siswa |
Persentase |
Keterangan |
|
1 |
Kurang
Sekali |
0
– 45 |
0 |
0,00% |
Tidak
Tuntas |
|
2 |
Kurang |
46
– 64 |
3 |
10,71% |
Tidak
Tuntas |
|
3 |
Sedang |
65
– 74 |
5 |
17,86% |
Tuntas |
|
No |
Kriteria |
Nilai |
Jumlah
Siswa |
Persentase |
Keterangan |
|
4 |
Baik |
75
– 85 |
16 |
57,14% |
Tuntas
|
|
5 |
Baik
Sekali |
86
– 100 |
4 |
14,29% |
Tuntas
|
|
Jumlah |
28 |
100,00% |
|
||
Gambar 5. Guru
membimbing siswa belajar (kiri), siswa memperhatikan penjelasan guru (kanan)
4.2.
Pembahasan
Hasil Penelitian Perbaikan
Pembelajaran
4.2.1. Hasil Nilai Penelitian Sebelum Perbaikan Pembelajaran
Dilihat dari pengolahan
data mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, secara berurutan sebelum siklus I yang
mendapat rentang nilai 46-64 ada 11 siswa (39,28%), dan yang
mendapatkan rentang nilai 65-74 ada 11 siswa
(39,28%),
yang mendapat rentang nilai 75-85 ada 5 siswa (17,86%) dengan
nilai rata-rata kelas mencapai 64,82. Sebagian (39,29%) siswa belum
mencapai tingkat ketuntasan dengan standar KKM 65 secara
signifikan dan memuaskan maka perlu dilakukan perbaikan pada siklus I.
Tabel 15 Rerata perolehan
nilai siswa sebelum perbaikan pembelajaran
|
No |
Mata pelajaran |
Rata-rata nilai |
keterangan |
|
1 |
IPA |
64,82 |
Pra Siklus |
4.2.2. Pembahasan Siklus I
Dilihat dari pengolahan
data mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, secara berurutan Siklus I yang mendapat rentang nilai 46-64
ada 11 siswa (39,29%), dan yang mendapatkan rentang nilai 65-74 ada 10 siswa
(35,71%),
yang mendapat rentang nilai 75-85 ada 7 siswa (25%) dengan
nilai rata-rata kelas mencapai 65,54. Sebagian (39,29%) siswa belum
mencapai tingkat ketuntasan dengan standar KKM 65 secara
signifikan dan memuaskan maka perlu dilakukan perbaikan pada siklus II.
Tabel 16 Rerata perolehan
nilai sebelum perbaikan pembelajaran dan siklus I
|
No |
Mata pelajaran |
Rata-rata nilai |
Keterangan |
|
1 |
IPA |
64,82 |
Pra Siklus |
|
2 |
IPA |
65,54 |
Siklus I |
4.2.3.
Pembahasan
Siklus II
Dilihat dari pengolahan
data mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, secara berurutan Siklus
II yang
mendapat rentang nilai 46-64 ada 6 siswa (21,43%), dan yang
mendapatkan rentang nilai 65-74 ada 10 siswa
(35,71%),
yang mendapat rentang nilai 75-85 ada 12 siswa (42,86%) dengan
nilai rata-rata kelas mencapai 71,07. Secara signifikan peningkatan nilai belum
memuaskan maka perlu dilakukan perbaikan pada siklus III.
Tabel 17 Rerata perolehan
nilai sebelum perbaikan pembelajaran hingga siklus II
|
No |
Mata pelajaran |
Rata-rata nilai |
Keterangan |
|
1 |
IPA |
64,82 |
Pra Siklus |
|
2 |
IPA |
65,54 |
Siklus I |
|
3 |
IPA |
71,07 |
Siklus II |
4.2.4.
Pembahasan
Siklus III
Hasil pembelajaran siklus
III, siswa yang
mendapat rentang nilai 46-64 ada 3 siswa
(10,71%), yang mendapatkan
rentang nilai 65-74 ada 5 siswa
(17,86%), yang mendapatkan
rentang nilai 75-85 ada 16 siswa
(57,14%),
siswa yang mendapat rentang nilai 86-100 ada 4 siswa (14,29%) dengan nilai
rata-rata 76,61. Hasil ini telah menunjukkan peningkatan yang signifikan
terhadap kemampuan siswa dengan menggunakan metode alat peraga dalam
meningkatkan pemahan siswa terhadap pelajaran.
Tabel 18 Rerata perolehan
nilai sebelum perbaikan pembelajaran hingga siklus III
|
No |
Mata pelajaran |
Rata-rata nilai |
Keterangan |
|
1 |
IPA |
64,82 |
Pra Siklus |
|
2 |
IPA |
65,54 |
Siklus I |
|
3 |
IPA |
71,07 |
Siklus II |
|
4 |
IPA |
76,61 |
Siklus III |
Data nilai tersebut apabila
dipersentasikan terhadap semua siklus diatas, maka akan tampak seperti table
berikut.
Table 19 Persentasi pra
siklus hingga siklus III.
|
No |
Siklus |
Rata-rata nilai |
Persentase |
|
1 |
Pra Siklus |
64,82 |
23,32 % |
|
2 |
Siklus I |
65,54 |
23,57 % |
|
3 |
Siklus II |
71,07 |
25,56 % |
|
4 |
Siklus III |
76,61 |
27,55 % |
|
|
|
278.04 |
100 % |
Posting Komentar untuk "CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAB IV OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA"
komentar yang bersifat membangun sangat saya harapkan