Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LAPORAN PKP TENTANG UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN OPTIMALISASI ALAT PERAGA


LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
TENTANG
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA SISWA KELAS VI
SD NEGERI 03 MULYA KENCANA
KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH
KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
TAHUN PELAJARAN 2016-2017






OLEH
NAMA                                   : SANJAYA
NIM                                        : 836075712
PROGRAM STUDI            : S1 Bidang Ilmu PGSD
MASA UJIAN                      : 2016.2
POKJAR                              : TULANG BAWANG UDIK


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ – UT BANDAR LAMPUNG
2016



PENGESAHAN

Judul Laporan       :     UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN OPTIMALIASASI PENGUNAAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI  03 MULYA KENCANA KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH  KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016–2017
Nama                    :     SANJAYA
Nim                       :     836075712
Program Studi       :     S1 BI PGSD
Masa Ujian            :     2016.2
Pokjar                    :     Tulang Bawang Udik

Setelah membaca dan mencermati Laporan Pemantapan Kemampuan Professional (PKP) yang merupakan ulasan hasil penelitian dari peneliti di atas, saya menyetujui dan mengesahkan.


Pembimbing II/Penguji II




Drs. ANTON S WIDHARTO
Nip. 19520613 197703 1 003
Tulang Bawang Udik,   November 2016
Pembimbing I/Penguji I




YUDO UTOMO, S.Pd., M.Pd
Nip. 19690418 199702 1 001

Mengetahui,
Kepala UPBJJ-UT Bandar Lampung


Dr. RUSTAM, M.Pd
NIP. 19650912 199010 1 001



BACA ARTIKEL SELANJUTNYA Bab 1 PENDAHULUAN (PKP)


LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT

Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktik Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya sususun sebagai sarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi BI PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP ini saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.
Apabila di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian0bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Tulang Bawang Udik,    November 2016
Yang membuat pernyataan



Materai 6000


Sanjaya
Nim. 836075712



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karuniaNya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) ini dengan baik. Dalam upaya penyelesaian laporan penelitian ini, penulis telah banyak menerima bimbingan. Oleh karena itu penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1.    Drs. Rustam, M.Pd. selaku kepala UPBJJ-UT Bandar Lampung
2.    Bapak Yudo Utomo, S.Pd.,M.Pd. tutor sekaligus pembimbing yang selalu memberikan arahan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan ini
3.    Bapak Drs. Anton S. Widharto. Ketua pengelola kelompok belajar Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat.
4.    Bapak Budiyono, S.Pd. Kepala SD Negeri 03 Mulya Kencana yang telah memberikan izin kepada penulis untuk mengadakan penelitian ini.
5.    Bapak Eka Mahendra, S.Pd atas kesediaannya menjadi teman sejawat sehingga penelitian ini dapat terlaksana dengan baik.
6.    Istriku tercinta Yeni Rahayu serta anak-anaku tersayang Daffi Achmad Fahrezi dan Adhyasta Pahlevi yang selalu memberikan dukungan   dan semangat yang begitu besar baik secara moral maupun spiritual.
7.    Rekan-rekan semua
Serta semua pihak yang telah membantu sehingga laporan ini dapat diselesaikan.
Dalam penulisan laporan penelitian ini tentu masih banyak terdapat kesalahan dan kekeliruan, oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan penelitian ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Penulis,


SANJAYA
Nim. 836075712
DAFTAR ISI


Halaman
Halaman Judul..................................................................................................      i   
Halaman Pengesahan......................................................................................      ii
Pernyataan Bebas Plagiat................................................................................      iii
Kata Pengantar.................................................................................................      iv
Daftar Isi...........................................................................................................      v
Daftar Tabel......................................................................................................      vii
Daftar Gambar.................................................................................................      viii
Daftar Lampiran................................................................................................      ix
Abstrak..............................................................................................................      x
I     Pendahuluan...............................................................................................      1
1.1      Latar Belakang Masalah....................................................................      1
1.1.1  Identifikasi Masalah..................................................................      2
1.1.2  Analisis Masalah.......................................................................      2
1.2      Rumusan Masalah.............................................................................      2
1.3      Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran......................................      3
1.4      Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran....................................      3
II    Kajian Pustaka............................................................................................      4
2.1      Alat Peraga........................................................................................      4
2.2      Hasil Belajar.......................................................................................      5
2.3      Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.................................................      6
2.3.1  Pengertian IPA..........................................................................      6
2.3.2  Karakteristik Utama IPA...........................................................      7
2.3.3  Hakikat Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar..........................      7
2.4        Karakteristik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar...................................      10
III   Pelaksanaan Perbaikan..............................................................................
3.1        Subyek, Tempat, Waktu Penelitian dan Pihak yang Membantu.....      12
3.1.1  Subyek Penelitian.....................................................................      12
3.1.2  Tempat Penelitian.....................................................................      12
3.1.3  Waktu Penelitian.......................................................................      12
3.1.4  Pihak yang Membantu.............................................................      13
3.2      Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran.......................................      13
3.2.1  Pra Siklus .................................................................................      14
3.2.2  Siklus I......................................................................................      16
3.2.3  Siklus II.....................................................................................      17
3.2.4  Siklus III....................................................................................      19
3.2.5  Teknik Pengumpulan Data.......................................................      21
3.3      Teknik Analisa Data...........................................................................      21
IV   Hasil dan Pembahasan...............................................................................      22
4.1      DeskrIPAi Hasil Penelitian perbaikan Pembelajaran........................      22
4.1.1  DeskrIPAi Sebelum Perbaikan Pembelajaran.........................      22
4.1.2  DeskrIPAi Hasil Penelitian Siklus I...........................................      26
4.1.3  DeskrIPAi Hasil Penelitian Siklus II..........................................      29
4.1.4  DeskrIPAi Hasil Penelitian Siklus III.........................................      32
4.2      Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan..........................................      36
V    Kesimpulan dan Saran serta Tindak Lanjut................................................      38
Daftar Pustaka..................................................................................................      39
Lampiran...........................................................................................................      40



DAFTAR TABEL


Tabel                                                                                                            Halaman
1.    Rencana Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran IPA.........................       12
2.    Jadwal Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran IPA.............................       13
3.    Lembar Observasi Pra Siklus Pembelajaran.......................................       23
4.    Nilai IPA Pra Siklus Pembelajaran.......................................................       24
5.    Persentase Nilai Pra Siklus Pembelajaran...........................................       25
6.    Lembar Observasi Siklus I...................................................................       26
7.    Nilai IPA pada Siklus I..........................................................................       27
8.    Persentase Nilai Pada Siklus I..............................................................       28
9.    Lembar Observasi Siklus II..................................................................       30
10.  Nilai IPA pada Siklus II.........................................................................       31
11.  Persentase Nilai pada Siklus II.............................................................       32
12.  Lembar Observasi Siklus III.................................................................       33
13.  Nilai IPA pada Siklus III........................................................................       34
14.  Persentase Ketuntasan Belajar Siswa Siklus III...................................       35
15.  Rerata Perolehan Nilai Siswa Pra Siklus Pembelajaran......................       36
16.  Rerata Perolehan Nilai Pra Siklus Pembelajaran dan Siklus I.............       36
17.  Rerata Perolehan Nilai Pra Siklus Pembelajaran hingga Siklus II.......       37
18.  Rerata Perolehan Nilai Pra Siklus Pembelajaran hingga Siklus III......       37
19.  Persentasi Pra Siklus Hingga Siklus III................................................       37



DAFTAR GAMBAR


Gambar                                                                                                        Halaman
1.    Siklus pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam PKP...................       21
2.    Bimbingan teman sejawat (kiri) dan pengamatan kelas (kanan).........       25
3.    Observasi kelas (kiri), guru membimbing siswa belajar (kanan).........       29
4.    Bimbinan teman sejawat (kiri), siswa mengerjakan tuas (kanan)........       32
5.    Guru membimbing siswa belajar (kiri), siswa memperhatikan penjelasan guru (kanan)      .............................................................................................................. 35



DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran                                                                                                      Halaman

1.    Kesediaan sebagai Teman Sejawat dalam Penyelenggaraan Pemantapan Kemampuan Professional (PKP)...............................................................................       40
2.    Kesediaan sebagai Supervisor 2 dalam Penyelenggaraan Pemantapan Kemampuan Professional (PKP)....................................................................................................       41
3.    Jadwal, Nama Supervisor 2, dan Penilai Praktik Perbaikan Pembelajaran PKP                 42
4.    Perencanaan Perbaikan Pembelajaran IPA........................................       43
5.    Jurnal Pembimbingan Supervisor 2 PKP.............................................       44
6.    Lembar Pengesahan Laporan Hasil Perbaikan Pembelajaran IPA.....       46
7.    Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I..........................................       47
8.    Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II.........................................       49
9.    Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus III........................................       52
10.  Nilai tertinggi dan terendah siklus I, siklus II dan siklus III....................       54
11.  Lembar Observasi Pra Siklus...............................................................       64
12.  Lembar Observasi Pra Siklus 1............................................................       65
13.  Lembar Observasi Pra Siklus 2............................................................       66
14.  Lembar Observasi Pra Siklus 3............................................................       67
15.  Alat Penilaian Kemampuan Guru – PKP 1 (APKG-PKP 1) PGSD.....       68
16.  Alat Penilaian Kemampuan Guru – PKP 2 (APKG-PKP 2) PGSD.....       71
17.  Alat Penilaian Laporan – PKP (APL – PKP)........................................       77
18.  Penilaian Laporan Perbaikan Pembelajaran........................................       81
19.  Daftar Hadir dan Daftar Nilai Siswa Siklus 1.......................................       83
20.  Daftar Hadir dan Daftar Nilai Siswa Siklus 2.......................................       85
21.  Daftar Hadir dan Daftar Nilai Siswa Siklus 3.......................................       87




UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
DENGAN OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA
SISWA KELAS VI SD NEGERI 03 MULYA KENCANA
KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH
KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
TAHUN PELAJARAN 2016-2017


OLEH
SANJAYA


ABSTRAK


Salah satu cara untuk membantu para siswa memperjelas konsep dan pemahaman IPA yang sedang dipelajari pada saat pembelajaran berlangsung adalah dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga berfungsi untuk memperlancar tujuan dari pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Tetapi kenyataannya penggunaan alat peraga IPA pada saat pembelajaran di sekolah belum membudaya, dalam artian tidak semua guru memanfaatkan alat peraga yang telah ada dalam proses pembelajaran. Hal ini secara langsung berdampak terhadap kurangnya pemahaman dan pengalaman belajar siswa sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 03 Mulya Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2016-2017?”. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 03 Mulya Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2016-2017. Dalam menghimpun data dari lokasi penelitian maka digunakan beberapa metode, yaitu observasi, praktik dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara membandingkan hasil yang telah dicapai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Dari berbagai analisa yang telah dilakukan terlihat kemajuan hasil belajar dari siklus I nilai rata-rata kelas didapat sebesar 65,54%, kemudian meningkat menjadi 71,07 di siklus II dan 76,61 disiklus III. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan akhir bahwa optimalisasi penggunaan alat peraga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri 03 Mulya Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2016-2017.

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA BAB I PENDAHULUAN

Posting Komentar untuk "LAPORAN PKP TENTANG UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN OPTIMALISASI ALAT PERAGA"