LAPORAN PKP TENTANG UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN OPTIMALISASI ALAT PERAGA
LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
TENTANG
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN
OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA SISWA KELAS VI
SD NEGERI 03 MULYA KENCANA
KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH
KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
OLEH
NAMA :
SANJAYA
NIM : 836075712
PROGRAM STUDI : S1 Bidang
Ilmu PGSD
MASA UJIAN :
2016.2
POKJAR :
TULANG BAWANG UDIK
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ – UT BANDAR LAMPUNG
PENGESAHAN
Judul Laporan : UPAYA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN OPTIMALIASASI PENGUNAAN ALAT PERAGA PADA
SISWA KELAS VI SD NEGERI 03 MULYA
KENCANA KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH
KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016–2017
Nama :
SANJAYA
Nim :
836075712
Program Studi :
S1 BI PGSD
Masa Ujian :
2016.2
Pokjar :
Tulang Bawang Udik
Setelah membaca dan mencermati Laporan Pemantapan
Kemampuan Professional (PKP) yang merupakan ulasan hasil penelitian dari
peneliti di atas, saya menyetujui dan mengesahkan.
Pembimbing II/Penguji II
Drs.
ANTON S WIDHARTO
Nip. 19520613 197703 1 003
|
Tulang
Bawang Udik, November 2016
Pembimbing I/Penguji I
YUDO
UTOMO, S.Pd., M.Pd
Nip. 19690418 199702 1 001
|
Mengetahui,
Kepala UPBJJ-UT Bandar Lampung
Dr.
RUSTAM, M.Pd
NIP. 19650912 199010 1 001
Saya
menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktik Pemantapan Kemampuan
Profesional (PKP) yang saya sususun sebagai sarat untuk memenuhi mata kuliah
PKP pada Program Studi BI PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan
hasil karya saya sendiri.
Adapun
bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP ini saya kutip dari hasil
karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan
norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.
Apabila
di kemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil
karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian0bagian tertentu, saya
bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang
sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
Tulang
Bawang Udik, November 2016
Yang
membuat pernyataan
Materai 6000
Sanjaya
Nim.
836075712
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan
karuniaNya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan penelitian Pemantapan
Kemampuan Profesional (PKP) ini dengan baik. Dalam upaya penyelesaian laporan
penelitian ini, penulis telah banyak menerima bimbingan. Oleh karena itu
penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1. Drs.
Rustam, M.Pd. selaku kepala UPBJJ-UT Bandar Lampung
2. Bapak
Yudo Utomo, S.Pd.,M.Pd. tutor sekaligus pembimbing yang selalu memberikan
arahan kepada penulis dalam menyelesaikan laporan ini
3. Bapak
Drs. Anton S. Widharto. Ketua pengelola kelompok belajar Tulang Bawang Udik,
Kabupaten Tulang Bawang Barat.
4. Bapak
Budiyono, S.Pd. Kepala SD Negeri 03 Mulya Kencana yang telah memberikan izin
kepada penulis untuk mengadakan penelitian ini.
5. Bapak
Eka Mahendra, S.Pd atas kesediaannya menjadi teman sejawat sehingga penelitian
ini dapat terlaksana dengan baik.
6. Istriku
tercinta Yeni Rahayu serta anak-anaku tersayang Daffi Achmad Fahrezi dan
Adhyasta Pahlevi yang selalu memberikan dukungan dan semangat yang begitu besar baik secara
moral maupun spiritual.
7. Rekan-rekan
semua
Serta semua pihak yang telah membantu sehingga laporan
ini dapat diselesaikan.
Dalam penulisan laporan penelitian ini tentu masih
banyak terdapat kesalahan dan kekeliruan, oleh karena itu saran dan kritik yang
bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan penelitian
ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Penulis,
SANJAYA
Nim.
836075712
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman
Judul.................................................................................................. i
Halaman
Pengesahan...................................................................................... ii
Pernyataan
Bebas Plagiat................................................................................ iii
Kata
Pengantar................................................................................................. iv
Daftar
Isi........................................................................................................... v
Daftar
Tabel...................................................................................................... vii
Daftar
Gambar................................................................................................. viii
Daftar
Lampiran................................................................................................ ix
Abstrak.............................................................................................................. x
I Pendahuluan............................................................................................... 1
1.1 Latar
Belakang Masalah.................................................................... 1
1.1.1 Identifikasi
Masalah.................................................................. 2
1.1.2 Analisis
Masalah....................................................................... 2
1.2 Rumusan
Masalah............................................................................. 2
1.3 Tujuan
Penelitian Perbaikan Pembelajaran...................................... 3
1.4 Manfaat
Penelitian Perbaikan Pembelajaran.................................... 3
II Kajian Pustaka............................................................................................ 4
2.1 Alat
Peraga........................................................................................ 4
2.2 Hasil
Belajar....................................................................................... 5
2.3 Pembelajaran
IPA di Sekolah Dasar................................................. 6
2.3.1 Pengertian
IPA.......................................................................... 6
2.3.2 Karakteristik
Utama IPA........................................................... 7
2.3.3 Hakikat
Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.......................... 7
2.4
Karakteristik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar................................... 10
III Pelaksanaan Perbaikan..............................................................................
3.1
Subyek, Tempat, Waktu Penelitian dan Pihak yang
Membantu..... 12
3.1.1 Subyek
Penelitian..................................................................... 12
3.1.2 Tempat
Penelitian..................................................................... 12
3.1.3 Waktu
Penelitian....................................................................... 12
3.1.4 Pihak
yang Membantu............................................................. 13
3.2 Desain
Prosedur Perbaikan Pembelajaran....................................... 13
3.2.1 Pra
Siklus ................................................................................. 14
3.2.2 Siklus
I...................................................................................... 16
3.2.3 Siklus
II..................................................................................... 17
3.2.4 Siklus
III.................................................................................... 19
3.2.5 Teknik
Pengumpulan Data....................................................... 21
3.3 Teknik
Analisa Data........................................................................... 21
IV Hasil dan Pembahasan............................................................................... 22
4.1 DeskrIPAi
Hasil Penelitian perbaikan Pembelajaran........................ 22
4.1.1 DeskrIPAi
Sebelum Perbaikan Pembelajaran......................... 22
4.1.2 DeskrIPAi
Hasil Penelitian Siklus I........................................... 26
4.1.3 DeskrIPAi
Hasil Penelitian Siklus II.......................................... 29
4.1.4 DeskrIPAi
Hasil Penelitian Siklus III......................................... 32
4.2 Pembahasan
Hasil Penelitian Perbaikan.......................................... 36
V Kesimpulan dan Saran serta Tindak Lanjut................................................ 38
Daftar
Pustaka.................................................................................................. 39
Lampiran........................................................................................................... 40
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
1.
Rencana
Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran IPA......................... 12
2.
Jadwal
Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran IPA............................. 13
3.
Lembar
Observasi Pra Siklus Pembelajaran....................................... 23
4. Nilai IPA Pra Siklus Pembelajaran....................................................... 24
5. Persentase Nilai Pra Siklus
Pembelajaran........................................... 25
6. Lembar Observasi Siklus I................................................................... 26
7. Nilai IPA pada Siklus I.......................................................................... 27
8. Persentase Nilai Pada Siklus I.............................................................. 28
9. Lembar Observasi Siklus II.................................................................. 30
10. Nilai IPA pada Siklus II......................................................................... 31
11. Persentase Nilai pada Siklus II............................................................. 32
12. Lembar Observasi Siklus III................................................................. 33
13. Nilai IPA pada Siklus III........................................................................ 34
14. Persentase Ketuntasan Belajar Siswa
Siklus III................................... 35
15. Rerata Perolehan Nilai Siswa Pra
Siklus Pembelajaran...................... 36
16. Rerata Perolehan Nilai Pra Siklus
Pembelajaran dan Siklus I............. 36
17. Rerata Perolehan Nilai Pra Siklus
Pembelajaran hingga Siklus II....... 37
18. Rerata Perolehan Nilai Pra Siklus
Pembelajaran hingga Siklus III...... 37
19. Persentasi Pra Siklus Hingga Siklus
III................................................ 37
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
1.
Siklus
pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam PKP................... 21
2.
Bimbingan
teman sejawat (kiri) dan pengamatan kelas (kanan)......... 25
3.
Observasi
kelas (kiri), guru membimbing siswa belajar (kanan)......... 29
4.
Bimbinan
teman sejawat (kiri), siswa mengerjakan tuas (kanan)........ 32
5.
Guru
membimbing siswa belajar (kiri), siswa memperhatikan penjelasan guru (kanan) .............................................................................................................. 35
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran Halaman
1.
Kesediaan
sebagai Teman Sejawat dalam Penyelenggaraan Pemantapan Kemampuan Professional
(PKP)............................................................................... 40
2.
Kesediaan
sebagai Supervisor 2
dalam Penyelenggaraan Pemantapan Kemampuan Professional (PKP).................................................................................................... 41
3.
Jadwal,
Nama Supervisor 2, dan Penilai Praktik Perbaikan Pembelajaran PKP 42
4.
Perencanaan
Perbaikan Pembelajaran IPA........................................ 43
5.
Jurnal
Pembimbingan Supervisor 2 PKP............................................. 44
6.
Lembar
Pengesahan Laporan Hasil Perbaikan Pembelajaran IPA..... 46
7.
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I.......................................... 47
8.
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II......................................... 49
9.
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus III........................................ 52
10. Nilai
tertinggi dan terendah siklus I, siklus II dan siklus III.................... 54
11. Lembar
Observasi Pra Siklus............................................................... 64
12. Lembar
Observasi Pra Siklus 1............................................................ 65
13. Lembar
Observasi Pra Siklus 2............................................................ 66
14. Lembar
Observasi Pra Siklus 3............................................................ 67
15. Alat
Penilaian Kemampuan Guru – PKP 1 (APKG-PKP 1) PGSD..... 68
16. Alat
Penilaian Kemampuan Guru – PKP 2 (APKG-PKP 2) PGSD..... 71
17. Alat
Penilaian Laporan – PKP (APL – PKP)........................................ 77
18. Penilaian
Laporan Perbaikan Pembelajaran........................................ 81
19. Daftar
Hadir dan Daftar Nilai Siswa Siklus 1....................................... 83
20. Daftar
Hadir dan Daftar Nilai Siswa Siklus 2....................................... 85
21. Daftar
Hadir dan Daftar Nilai Siswa Siklus 3....................................... 87
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
DENGAN OPTIMALISASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA
SISWA KELAS VI SD NEGERI 03 MULYA KENCANA
KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH
KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT
TAHUN PELAJARAN 2016-2017
OLEH
SANJAYA
ABSTRAK
Salah satu cara untuk membantu para siswa memperjelas
konsep dan pemahaman IPA yang sedang dipelajari pada saat pembelajaran
berlangsung adalah dengan menggunakan alat peraga. Alat
peraga berfungsi
untuk memperlancar tujuan dari pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Tetapi kenyataannya penggunaan alat
peraga IPA pada saat pembelajaran di sekolah belum membudaya, dalam artian
tidak semua guru memanfaatkan alat peraga yang telah ada dalam proses
pembelajaran. Hal
ini secara langsung berdampak terhadap kurangnya pemahaman dan pengalaman
belajar siswa sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
“Apakah
penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD
Negeri 03 Mulya Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang
Barat Tahun Pelajaran 2016-2017?”. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
optimalisasi penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa
kelas VI SD Negeri 03 Mulya Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten
Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2016-2017. Dalam menghimpun data dari lokasi penelitian maka digunakan beberapa
metode, yaitu observasi, praktik dan
dokumentasi.
Analisa data dilakukan dengan cara membandingkan hasil yang telah dicapai
dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Dari berbagai analisa yang
telah dilakukan terlihat
kemajuan hasil belajar dari siklus I nilai rata-rata kelas didapat sebesar
65,54%, kemudian meningkat menjadi 71,07 di siklus II dan 76,61 disiklus III. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan akhir bahwa
optimalisasi penggunaan alat peraga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VI di SD Negeri 03 Mulya Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah
Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2016-2017.
BACA ARTIKEL SELANJUTNYA BAB I PENDAHULUAN
Posting Komentar untuk "LAPORAN PKP TENTANG UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN OPTIMALISASI ALAT PERAGA"
komentar yang bersifat membangun sangat saya harapkan