CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAB III PEMBAHASAN PKP/PTK
BAB III PEMBAHASAN
3.1 Subjek,
Tempat, Waktu Penelitian dan Pihak yang Membantu
3.1.1 Subjek
Penelitian
Yang menjadi subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 03 Mulya Kencana Kecamatan
Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat, dengan jumlah siswa 28 yang
terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan dengan usia rata-rata 11
tahun. Mata pelajaran yang akan dilakukan perbaikan adalah mata pelajaran IPA
dengan materi “Konduktor dan Isolator Panas”.
3.1.2 Tempat
Penelitian
Penulis memilih SD Negeri
03 Mulya Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat
sebagai lokasi penelitian.
3.1.3 Waktu
penelitian
Penelitian perbaikan
pembelajaran ini dilaksanakan sebagaimana terjadwal dalam tabel berikut:
Table
1 Rencana Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran IPA
No
|
Urutan
Kegiatan
|
September
|
Oktober
|
November
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
I
|
Persiapan
|
|||||||||||||||
Penyusunan Proposal
|
x
|
|||||||||||||||
Penyusunan Instrumen
|
x
|
x
|
x
|
x
|
||||||||||||
Observasi
|
x
|
|||||||||||||||
II
|
Pelaksanaan
|
|||||||||||||||
Pelaksanaan Pra Siklus
|
x
|
|||||||||||||||
Analisis Pra Siklus
|
x
|
|||||||||||||||
Refleksi Pra Siklusi
|
x
|
|||||||||||||||
Pelaksanaan Siklus I
|
x
|
|||||||||||||||
Analisis Siklus I
|
x
|
|||||||||||||||
Refleksi siklus I
|
x
|
|||||||||||||||
Pelaksanaan Siklus II
|
x
|
|||||||||||||||
Analisis Siklus II
|
x
|
|||||||||||||||
No
|
Urutan
Kegiatan
|
September
|
Oktober
|
November
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Refleksi siklus II
|
x
|
|||||||||||||||
Pelaksanaan Siklus III
|
x
|
|||||||||||||||
Analisis Siklus III
|
x
|
|||||||||||||||
Refleksi siklus III
|
x
|
|||||||||||||||
III
|
Pelaporan
|
|||||||||||||||
Penyusunan Laporan
|
x
|
|||||||||||||||
Adapun pelaksanan
penelitian perbaikan ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal berikut.
Table
2 Jadwal Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran IPA
Hari
|
Tanggal
|
Kelas
|
Waktu
|
Mata Pelajaran
|
Keterangan
|
Senin
|
17/10/2016
|
VI
|
08.00-08.35
|
IPA
|
Siklus I
|
Selasa
|
01/11/2016
|
VI
|
08.00-08.35
|
IPA
|
Siklus II
|
Senin
|
07/11/2016
|
VI
|
08.00-08.35
|
IPA
|
Siklus III
|
3.1.4
Pihak yang membantu
Dalam pelaksanaa penelitian
perbaikan ini penulis banyak sekali mendapat bantuan dan partisipasi aktif dari
dosen pembimbing; pihak pengelola pokjar UT kecamatan Tulang Bawang Udik; Kepala
Sekolah; teman sejawat serta guru dan stake holder SD Negeri 03 Mulya Kencana
Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat.
3.2 Desain Prosedur
Perbaikan Pembelajaran
Dalam melaksanakan
Penelitian Tindakan Kelas sejumlah kegiatan harus dilakukan berulang-ulang dari
tahap observasi, pelaksanaan, tahap observasi, refleksi dan revisi yang merupakan
serangkaian persiapan pelaksanaan. Adapun langkah-langkah yang ditempuh penulis
dalam perbaikan pembelajaran ini adalah :
a.
Mengadakan pra test pada awal kegiatan
sebagai masukan pengetahuan prasyarat yang telah dikuasai siswa.
b.
Menyampaikan tujuan dengan maksud agar arah
pembelajaran dapat dikuasai atau diketahui siswa.
c.
Membahas materi pelajaran dengan menggunakan
alat peraga, gambar.
d.
Diskusi secara berkelompok membahas
latihan-latihan dengan cara memperagakan kasus serta masalah.
e.
Diskusi secara klasikal dengan peragaan
berkelompok untuk suatu masalah, kelompok lain memperhatikan dan memberi
masukan.
f.
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mencatat rangkuman pelajaran yang telah dipelajari.
g.
Menyimpulkan materi pelajaran.
h.
Memberikan tugas kepada siswa untuk pekerjaan
rumah jika memungkinkan.
Rencana perbaikan
pembelajaran satu kali tatap muka setiap pelajaran setelah diketahui data awal
hasil observasi. Adapun tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut:
3.2.1 Pra Siklus
Rencana Pra
Siklus
a.
Merencanakan jumlah siklus yang akan dilaksanakan
b.
Mempersiapkan rencana pembelajaran
c.
Memilih sumber bahan
d.
Menetapkan alat evaluasi
e.
Menetapkan waktu pelaksanaan pembelajaran dan menganalisa hasil
pembelajaran.
f.
Menyusun materi pelajaran yang akan disampaikan pembelajaran
dengan mengumpulkan bahan dari buku paket dan buku penunjang.
g.
Memilih metode yang sesuai
h.
Membuat rencana pembelajaran
i.
Menyiapkan alat peraga
j.
Berdiskusi dengan teman sejawat tentang rencana perbaikan
k.
Menyiapkan cara merekan dan menganalisa data berkaitan dengan
proses perbaikan.
Pelaksanaan Pra
Siklus
Dalam melaksanakana
kegiatan ini perlu ada beberapa tahapan yang harus ditempuh. Kegiatan-kegiatan
tersebut meliputi : orientasi, observasi refleksi dan revisi.
Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis
lakukan adalah :
a.
Menentukan kemampuan awal siswa
b.
Menetapkan tujuan pembelajaran
c.
Membahas materi pembelajaran
d.
Diskusi klasikal maupun kelompok
e.
Tanya jawab
f.
Membuat rangkuman dan kesimpulan materi pelajaran
g.
Melakukan evaluasi
h.
Memberi tugas tambahan kepada siswa
Refleksi Pra
Siklus
Berdasarkan deskripsi
temuan dan hasil pengolahan data, penulis merenungkan dan mengingat kembali apa
yang telah dilaksanakan selama pembelajaran pra siklus , hasil pembelajaran
siklus direfleksikan atau melakukan tindakan perbaikan di siklus I dan merupakan
refleksi siklus I. Oleh karena itu melihat deskripsi temuan di atas diharapkan
dalam setiap pembelajaran hendaknya guru harus :
a.
Memperhatikan secara tuntas bahwa setiap penguatan yang diberikan
guru harus jelas sasarannya, apakan ditujukan kepada pribadi siswa, kelompok
kecil siswa atau keseluruhan siswa.
b.
Memberikan penguatan segera mungkin, agar dampak positif yang
diharapkan tidak menurun atau hilang, penguatan diberikan segera setelah siswa
menunjukkan respon yang diharapkan dengan kata lain tidak ada waktu tunggu atau
respon yang diajukan dengan penguatan yang diberikan.
c.
Pemberian penguatan haruslah diberikan variasi sehingga dampaknya
cukup tinggi bagi siswa yang menerimanya. Oleh karena itu guru hendaknya
berusaha mencapai variasi baru dalam memberikan penguatan sehingga tidak
monoton dan membosankan siswa.
3.2.2 Siklus I
Rencana Siklus I
a.
Mempersiapkan rencana pembelajaran
b.
Memilih sumber bahan
c.
Menetapkan alat evaluasi
d.
Menetapkan waktu pelaksanaan pembelajaran dan menganalisa hasil
pembelajaran.
e.
Menyusun materi pelajaran yang akan disampaikan pembelajaran
dengan mengumpulkan bahan dari buku paket dan buku penunjang.
f.
Memilih metode yang sesuai
g.
Membuat rencana pembelajaran
h.
Menyiapkan alat peraga
i.
Berdiskusi dengan teman sejawat tentang rencana perbaikan
j.
Menyiapkan cara merekan dan menganalisa data berkaitan dengan
proses perbaikan.
Pelaksanaan
Siklus I
Dalam melaksanakana
kegiatan ini perlu ada beberapa tahapan yang harus ditempuh. Kegiatan-kegiatan
tersebut meliputi : orientasi, observasi refleksi dan revisi.
Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis
lakukan adalah :
a.
Menentukan kemampuan awal siswa
b.
Menetapkan tujuan pembelajaran
c.
Membahas materi pembelajaran
d.
Diskusi klasikal maupun kelompok
e.
Tanya jawab
f.
Membuat rangkuman dan kesimpulan materi pelajaran
g.
Melakukan evaluasi
h.
Memberi tugas tambahan kepada siswa
Refleksi Siklus
I
Berdasarkan deskripsi
temuan dan hasil pengolahan data, penulis merenungkan dan mengingat kembali apa
yang telah dilaksanakan selama pembelajaran siklus I, hasil pembelajaran siklus
direfleksikan atau melakukan tindakan perbaikan di siklus II dan merupakan
refleksi siklus II. Oleh karena itu melihat deskripsi temuan di atas diharapkan
dalam setiap pembelajaran hendaknya guru harus :
a.
Memperhatikan secara tuntas bahwa setiap penguatan yang diberikan
guru harus jelas sasarannya, apakan ditujukan kepada pribadi siswa, kelompok
kecil siswa atau keseluruhan siswa.
b.
Memberikan penguatan segera mungkin, agar dampak positif yang
diharapkan tidak menurun atau hilang, penguatan diberikan segera setelah siswa
menunjukkan respon yang diharapkan dengan kata lain tidak ada waktu tunggu atau
respon yang diajukan dengan penguatan yang diberikan.
c.
Pemberian penguatan haruslah diberikan variasi sehingga dampaknya
cukup tinggi bagi siswa yang menerimanya. Oleh karena itu guru hendaknya
berusaha mencapai variasi baru dalam memberikan penguatan sehingga tidak
monoton dan membosankan siswa.
3.2.3 Siklus II
Rencana Siklus
II
a.
Menetapkan hal – hal yang perlu diperbaiki.
b.
Menyusun rencana pembelajaran perbaikan I.
c.
Menetapkan alat evaluasi.
d.
Menyiapkan lembar kerja siswa.
e.
Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran I.
f.
Mengambil data kegiatan pembelajaran I dan menganalisa data
tersebut.
g.
Pembelajaran akan dilaksanakan dengan lebih meningkat partisipasi
siswa.
h.
Membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran.
i.
Mendiskusikan persiapan pembelajaran dengan teman sejawat.
j.
Menyiapkan lembar observasi yang akan digunakan untuk merekam data
selama proses pembelajaran.
k.
Siswa akan diberikan kesempatan yang lebih besar terlibat dalam
proses pembelajaran dengan memberikan latihan dan tugas.
Pelaksanaan
Siklus II
Dalam melaksanakana
kegiatan ini perlu ada beberapa tahapan yang harus ditempuh. Kegiatan-kegiatan
tersebut meliputi: orientasi, observasi refleksi dan revisi.
Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis
lakukan adalah :
a.
Menentukan kemampuan awal siswa
b.
Menetapkan tujuan pembelajaran
c.
Membahas materi pembelajaran
d.
Diskusi klasikal maupun kelompok
e.
Tanya jawab
f.
Membuat rangkuman dan kesimpulan materi pelajaran
g.
Melakukan evaluasi
h.
Memberi tugas tambahan kepada siswa
Refleksi Siklus
II
Berdasarkan deskripsi
temuan dan hasil pengolahan data, penulis merenungkan dan mengingat kembali apa
yang telah dilaksanakan selama pembelajaran siklus I dan II, hasil pembelajaran
siklus direfleksikan atau melakukan tindakan perbaikan di siklus II dan
merupakan refleksi siklus II. Oleh karena itu melihat deskripsi temuan di ats
diharapkan dalam setiap pembelajaran hendaknya guru harus :
a.
Memperhatikan secara tuntas bahwa setiap penguatan yang diberikan
guru harus jelas sasarannya, apakan ditujukan kepada pribadi siswa, kelompok
kecil siswa atau keseluruhan siswa.
b.
Memberikan penguatan segera mungkin, agar dampak positif yang
diharapkan tidak menurun atau hilang, penguatan diberikan segera setelah siswa
menunjukkan respon yang diharapkan dengan kata lain tidak ada waktu tunggu atau
respon yang diajukan dengan penguatan yang diberikan.
c.
Pemberian penguatan haruslah diberikan variasi sehingga dampaknya
cukup tinggi bagi siswa yang menerimanya. Oleh karena itu guru hendaknya
berusaha mencapai variasi baru dalam memberikan penguatan sehingga tidak
monoton dan membosankan siswa.
3.2.4 Siklus III
Rencana Siklus
III
a.
Menetapkan hal – hal yang perlu diperbaiki.
b.
Menyusun rencana pembelajaran perbaikan II
c.
Menetapkan alat evaluasi.
d.
Menyiapkan lembar kerja siswa.
e.
Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran II
f.
Mengambil data kegiatan pembelajaran II dan menganalisa data
tersebut.
g.
Pembelajaran akan dilaksanakan dengan lebih meningkat partisipasi
siswa.
h.
Membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran III.
i.
Mendiskusikan persiapan pembelajaran dengan teman sejawat.
j.
Menyiapkan lembar observasi yang akan digunakan untuk merekam data
selama proses pembelajaran.
k.
Siswa akan diberikan kesempatan yang lebih besar terlibat dalam proses
pembelajaran dengan memberikan latihan dan tugas.
Pelaksanaan
Siklus III
Dalam melaksanakana
kegiatan ini perlu ada beberapa tahapan yang harus ditempuh. Kegiatan-kegiatan
tersebut meliputi : orientasi, observasi refleksi dan revisi.
Adapun kegiatan – kegiatan yang penulis
lakukan adalah :
a.
Menentukan kemampuan awal siswa
b.
Menetapkan tujuan pembelajaran
c.
Membahas materi pembelajaran
d.
Diskusi klasikal maupun kelompok
e.
Tanya jawab
f.
Membuat rangkuman dan kesimpulan materi pelajaran
g.
Melakukan evaluasi
h.
Memberi tugas tambahan kepada siswa
Refleksi Siklus
III
Berdasarkan deskripsi
temuan dan hasil pengolahan data, penulis merenungkan dan mengingat kembali apa
yang telah dilaksanakan selama pembelajaran siklus I, II dan III, hasil
pembelajaran siklus direfleksikan atau melakukan tindakan perbaikan di siklus
II dan merupakan refleksi siklus II. Oleh karena itu melihat deskripsi temuan
di ats diharapkan dalam setiap pembelajaran hendaknya guru harus :
a.
Memperhatikan secara tuntas bahwa setiap penguatan yang diberikan guru
harus jelas sasarannya, apakan ditujukan kepada pribadi siswa, kelompok kecil
siswa atau keseluruhan siswa.
b.
Memberikan penguatan segera mungkin, agar dampak positif yang
diharapkan tidak menurun atau hilang, penguatan diberikan segera setelah siswa
menunjukkan respon yang diharapkan dengan kata lain tidak ada waktu tunggu atau
respon yang diajukan dengan penguatan yang diberikan.
c.
Pemberian penguatan haruslah diberikan variasi sehingga dampaknya
cukup tinggi bagi siswa yang menerimanya. Oleh karena itu guru hendaknya
berusaha mencapai variasi baru dalam memberikan penguatan sehingga tidak
monoton dan membosankan siswa.
Pelaksanaan perbaikan ini dapat
digambarkan sebagai berikut :
|
R2
|
|
R3
|
|
M3
|
|
M2
|
|
L3
|
|
R1
|
|
M1
|
|
L2
|
|
L1
|
|
Keterangan :
M :
Merencanakan
L :
Melaksanakan
R : Refleksi
|
Gambar 1. Siklus Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran
dalam PKP (Wardani, 2004:17)
3.2.2 Pengumpulan Data
Guna memperoleh data dalam rangka penyusunan laporan ini, penulis
menempuh beberapa cara yaitu observasi, praktik dan dokumentasi.
3.3 Teknik
Analisa Data
Analisis digunakan untuk mencermati setiap
langkah yang dibuat, mulai dari tahap persiapan, proses sampai dengan hasil
penelitian, dan dilakukan untuk memperkirakan apakah semua aspek pembelajaran
yang terlibat sudah sesuai dengan kapasitasnya.
Data-data diperoleh dengan cara tes dan non
tes, lalu dilakukan analisa sebagai kajian pada kegiatan refleksi. Analisis
dilakukan dengan cara membandingkan hasil yang telah dicapai dengan kriteria yang
telah ditetapkan. Data kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan, yaitu
penilaian yang dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat secara sistematis
terhadap tingkah laku peserta didik di dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan
data kuantitatif diperoleh dari hasil tes tertulis yang merupakan tes soal dan
jawaban yang diberikan pada peserta didik dalam bentuk tulisan.
baca artikel selanjutnya BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN PTK
Posting Komentar untuk "CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAB III PEMBAHASAN PKP/PTK "
komentar yang bersifat membangun sangat saya harapkan