Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LAPORAN DIKLAT CKS BAB IV

 

BAB IV

PENUTUP

 BACA ARTIKEL SEBELUMNYA BAB II PROFIL SEKOLAH

BACA ARTIKEL SEBELUMNYA LAPORAN DIKLAT CKS BAB I

A.           Kesimpulan

Berdasarkan hasil kajian dan pelaksanaan RTL on the job Training (OJT) yang penulis laksanakan, maka dari kegiatan tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut:

1.               Kegiatan Rencana Proyek Kepemimpinan dapat menumbuh kembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada dimensi kepribadian, manajerial supervise dan sosial sebagai calon kepala sekolah.

2.               Dengan terlaksananya kegiatan Rencana Proyek Kepemimpinan, dapat meningkatkan kemampuan peserta diklat untuk melaksanakan penyusunan RTL sebagai calon Kepala Sekolah

3.               Kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT  melalui Rencana Proyek Kepemimpinan dapat meningkatkan kompetensi kepemimpinan calon kepala sekolah dan kemampuan guru dalam penerapan IT dalam kegiatan Pembelajaran. Dari hasil analisis kemampuan guru siklus pertama mencapai 81,25 dan siklus kedua meningkat menjadi 85,25. telah terjadi  peningkatan  sebesar 4 poin.

4.               Peningkatan  kompetensi  calon kepala sekolah berdasarkan  AKPK  dapat  meningkatkan  kompetensi  supervise calon kepala sekolah.

5.               Pelaksanaan peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis IT dapat meningkatkan kualitas pembelajaran

 UNTUK LAPORAN LENGKAP SILAKAN UNDUH DI SINI

UNTUK FILE PRESENTASI SILAKAN UNDUH DI SINI

B.            Saran

Berdasarkan kesimpulan hasil kajian dan pelaksanaan Rencana Tindak Lanjut (RTL) on the job Training (OJT-2), maka penulis dapat mengemukakan saran-saran sebagai berikut:

1.       Kepada Calon Kepala Sekolah terus mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilannya terkait dimensi-dimensi yang harus dimiliki sebagai  kepala sekolah

2.       Sebagai Calon Kepala Sekolah, hendaknya memiliki kemampuan dalam proses penyusunan Laporan Tindak Lanjut dengan menggunakan referensi dan melibatkan berbagai pihak demi kesempurnaan laporan

3.       Kegiatan   pengembangan   keprofesian   berkelanjutan   bagi   guru   kedepannya   terus ditingkatkan agar dapat membantu guru-guru memecahakan persoalan-persoalan yang dihadapi sehari-hari sesuai dengan tupoksinya sebagai guru profesional.

4.       Kepada Kepala Sekolah magang agar dapat bekerja sama dengan calon kepala sekolah dalam program pengelolaan pendidikan di sekolah sebagai upaya peningkatan kompetensi supervisi sebagai aspek terlemah dalam AKPK.

5.       Untuk menciptakan proses pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, maka perlu pelatihan atau pembimbingan penggunaan IT yang berkesinambungan sehingga dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran agar student wellbeing dapat tercapai

 

                  DAFTAR PUSTAKA

 

Juliana, Nanjar. 2019, Manajemen Sekolah Standar Kompetensi Lulusan. Program Studi Administrasi Pendidikan; STKIP Muhamadiyah Bogor.

Marhayuni, Fety, S.Pd., M.Pd. dkk. 2021. Bahan Pembelajaran Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Moda Luar Jaringan (Luring) Tahun 2021. Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI.

Moroki, Eva Seske Gresye, S.Pd., M.Pd dan Dr. Dian Eka Wati, M.Pd. 2021. Bahan Pembelajaran Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Manajerial Sekolah. Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI.

Sopiyan, Maulana. 2019.  Teknik-teknik Dalam Supervisi Pendidikan. Program Studi Administrasi Pendidikan; STKIP Muhamadiyah Bogor.

https://garudacyber.co.id/artikel/1276-macam-macam-media-audio-visual

http://www.parchain.co.id/id/berita-dan-acara/berita/hal-menarik-tentang-audio-visual

https://www.merdeka.com/jabar/6-jenis-media-pembelajaran-mudahkan-siswa-dan-pengajar-kln.html


Posting Komentar untuk "LAPORAN DIKLAT CKS BAB IV"