LAPORAN DIKLAT CKS BAB IV
BAB IV
PENUTUP
BACA ARTIKEL SEBELUMNYA LAPORAN DIKLAT CKS BAB I
A.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil kajian dan pelaksanaan
RTL on the job Training (OJT) yang penulis laksanakan, maka dari kegiatan
tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.
Kegiatan Rencana Proyek Kepemimpinan
dapat menumbuh kembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pada dimensi
kepribadian, manajerial supervise dan sosial sebagai calon kepala sekolah.
2.
Dengan terlaksananya kegiatan Rencana
Proyek Kepemimpinan, dapat meningkatkan kemampuan peserta diklat untuk
melaksanakan penyusunan RTL sebagai calon Kepala Sekolah
3.
Kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi
Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT melalui Rencana Proyek Kepemimpinan dapat
meningkatkan kompetensi kepemimpinan calon kepala sekolah dan kemampuan guru
dalam penerapan IT dalam kegiatan Pembelajaran. Dari hasil analisis kemampuan
guru siklus pertama mencapai 81,25 dan siklus kedua meningkat menjadi 85,25.
telah terjadi peningkatan sebesar 4 poin.
4.
Peningkatan kompetensi
calon kepala sekolah berdasarkan
AKPK dapat meningkatkan
kompetensi supervise calon kepala
sekolah.
5.
Pelaksanaan peningkatan kompetensi guru
dalam menggunakan media pembelajaran berbasis IT dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran
UNTUK FILE PRESENTASI SILAKAN UNDUH DI SINI
B.
Saran
Berdasarkan kesimpulan hasil kajian dan pelaksanaan
Rencana Tindak Lanjut (RTL) on the job Training (OJT-2), maka penulis dapat
mengemukakan saran-saran sebagai berikut:
1. Kepada Calon Kepala Sekolah terus
mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilannya terkait dimensi-dimensi
yang harus dimiliki sebagai kepala
sekolah
2. Sebagai Calon Kepala Sekolah, hendaknya
memiliki kemampuan dalam proses penyusunan Laporan Tindak Lanjut dengan
menggunakan referensi dan melibatkan berbagai pihak demi kesempurnaan laporan
3. Kegiatan
pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi
guru kedepannya terus ditingkatkan agar dapat membantu
guru-guru memecahakan persoalan-persoalan yang dihadapi sehari-hari sesuai
dengan tupoksinya sebagai guru profesional.
4. Kepada Kepala Sekolah magang agar dapat
bekerja sama dengan calon kepala sekolah dalam program pengelolaan pendidikan
di sekolah sebagai upaya peningkatan kompetensi supervisi sebagai aspek
terlemah dalam AKPK.
5. Untuk menciptakan proses pembelajaran
yang kreatif dan menyenangkan, maka perlu pelatihan atau pembimbingan
penggunaan IT yang berkesinambungan sehingga dapat digunakan dalam kegiatan
belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran agar student
wellbeing dapat tercapai
DAFTAR PUSTAKA
Juliana, Nanjar. 2019, Manajemen Sekolah Standar Kompetensi
Lulusan. Program Studi Administrasi Pendidikan; STKIP Muhamadiyah
Bogor.
Marhayuni, Fety, S.Pd., M.Pd. dkk. 2021. Bahan
Pembelajaran Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Moda Luar Jaringan
(Luring) Tahun 2021. Direktorat
Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI.
Moroki, Eva Seske Gresye, S.Pd.,
M.Pd dan Dr. Dian Eka Wati, M.Pd. 2021. Bahan
Pembelajaran Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Manajerial Sekolah. Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru
dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI.
Sopiyan, Maulana. 2019. Teknik-teknik
Dalam Supervisi Pendidikan. Program Studi Administrasi Pendidikan;
STKIP Muhamadiyah Bogor.
https://garudacyber.co.id/artikel/1276-macam-macam-media-audio-visual
http://www.parchain.co.id/id/berita-dan-acara/berita/hal-menarik-tentang-audio-visual
https://www.merdeka.com/jabar/6-jenis-media-pembelajaran-mudahkan-siswa-dan-pengajar-kln.html
Posting Komentar untuk "LAPORAN DIKLAT CKS BAB IV"
komentar yang bersifat membangun sangat saya harapkan