PENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD Negeri
03 Mulya Kecana
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VI / 1
Materi Pokok :
Konduktor Dan Isolator Panas
Waktu :
35 menit (1 x pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi :
5.
Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran
dan kegunaan benda
B.
Kompetensi
Dasar
5.1 Membandingkan sifat kemampuan
menghantarkan panas dari berbagai benda
C.
Tujuan
Pembelajaran:
o
Siswa dapat
Memahami sifat-sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima
benda tersebut.
o
Siswa dapat
Membedakan sifat benda konduktor dan isolator panas
o
Siswa dapat
Menyebutkan contoh benda yang tergolong konduktor
o
Siswa dapat
Menyebutkan contoh benda yang tergolong isolator
o
Siswa dapat menyebutkan pemanfaatan benda konduktor
dan isolator panas
D.
Materi
Pelajaran
Benda konduktor dan
isolator panas.
E.
Media
Belajar dan Alat Peraga
o
Buku
SAINS SD Relevan Kelas VI
o
Lilin, korek api, lidi, kawat, sendok logam,
sendok plastik, pensil, ranting kayu, benda-benda lain.
F.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
Siklus I
|
waktu
|
Pendahuluan
-
Guru atau ketua kelas memimpin do’a
-
Guru bertanya tetang absensi kelas
-
Guru memberikan apersepsi tentang materi
pelajaran yang telah lalu: mengapa kita dapat merasakan panas saat berada di
dekat api unggun.
-
Guru Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan
-
Guru mengajukan pertanyaan apakah yang
dimaksud dengan konduktor dan isolator?
|
(5 menit)
|
Kegiatan
Inti
-
guru melakukan peragaan dengan menggunakan
bahan-bahan yang telah disiapkan: lilin; korek api; lidi;; kawat; sendok
logam; sendok plastic; pensil; ranting kayu; dan lainnya.
-
Guru menyalakan lilin dengan korek api,
-
Secara bergantian guru mendekatkan lidi, kawat dan lainya kea pi lilin selama
10 detik.
-
Siswa diminta untuk memprediksi benda-benda
mana yang dapat menghantarkan panas dari api ke tangan dan benda mana yang
tidak dapat menghantarkan panas.
-
Dengan bimbingan dari guru siswa dapat memahami
sifat-sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima benda tersebut.
-
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
-
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
(25 menit)
|
Penutup
Memberikan kesimpulan bahwa
konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan panas dan isolator adalah
benda yang tidak dapat menghantarkan panas
|
(5 menit)
|
G.
Penilaian:
Indokator
pencapaian :
o
Membedakan sifat benda konduktor dan isolator
panas
o
Menyebutkan contoh benda yang tergolong
konduktor
o
Menyebutkan contoh benda yang tergolong
isolator
o
Memberikan contoh pemanfaatan benda konduktor
dan isolator panas
Teknik
penilaian
o
Ter Tertulis
o
Observasi
Bentuk
Instrumen
o
Pilihan ganda dan uraian terbatas
o
Lembar observasi
Mengetahui,
Kepala Sekolah
BUDIYONO, S.Pd
NIP. 19640604 198603 1
013
|
Mulya Kencana, 17 Oktober
2016
Mahasiswa,
SANJAYA
NIM. 836075712
|
Posting Komentar untuk "PENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN"
komentar yang bersifat membangun sangat saya harapkan