Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN


RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Sekolah                        :   SD Negeri  03 Mulya Kecana
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester           :   VI / 1
Materi Pokok               :   Konduktor Dan Isolator Panas
Waktu                           :   35 menit (1 x pertemuan)

A.   Standar Kompetensi      :
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda
B.   Kompetensi Dasar
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
C.   Tujuan Pembelajaran:
o   Siswa dapat  Memahami sifat-sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima benda tersebut.
o   Siswa dapat  Membedakan sifat benda konduktor dan isolator panas
o   Siswa dapat  Menyebutkan contoh benda yang tergolong konduktor
o   Siswa dapat  Menyebutkan contoh benda yang tergolong isolator
o   Siswa dapat menyebutkan pemanfaatan benda konduktor dan isolator panas
D.   Materi Pelajaran
Benda konduktor dan isolator panas.
E.    Media Belajar dan Alat Peraga
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI
o   Lilin, korek api, lidi, kawat, sendok logam, sendok plastik, pensil, ranting kayu, benda-benda lain.
F.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Siklus I
waktu
Pendahuluan
-       Guru atau ketua kelas memimpin do’a
-       Guru bertanya tetang absensi kelas
-       Guru memberikan apersepsi tentang materi pelajaran yang telah lalu: mengapa kita dapat merasakan panas saat berada di dekat api unggun.
-       Guru Menyampaikan Tujuan Pembelajaran  dan kompetensi yang diharapkan
-       Guru mengajukan pertanyaan apakah yang dimaksud dengan konduktor dan isolator?

(5 menit)
Kegiatan Inti
-       guru melakukan peragaan dengan menggunakan bahan-bahan yang telah disiapkan: lilin; korek api; lidi;; kawat; sendok logam; sendok plastic; pensil; ranting kayu; dan lainnya.
-       Guru menyalakan lilin dengan korek api,
-       Secara bergantian guru mendekatkan  lidi, kawat dan lainya kea pi lilin selama 10 detik.
-       Siswa diminta untuk memprediksi benda-benda mana yang dapat menghantarkan panas dari api ke tangan dan benda mana yang tidak dapat menghantarkan panas.
-       Dengan bimbingan dari guru siswa dapat memahami sifat-sifat benda yang berhubungan dengan panas yang diterima benda tersebut.
-       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-       Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

(25 menit)
Penutup
Memberikan kesimpulan bahwa konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan panas dan isolator adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas

(5 menit)

G.   Penilaian:
Indokator pencapaian :
o   Membedakan sifat benda konduktor dan isolator panas
o   Menyebutkan contoh benda yang tergolong konduktor
o   Menyebutkan contoh benda yang tergolong isolator
o   Memberikan contoh pemanfaatan benda konduktor dan isolator panas
Teknik penilaian
o   Ter Tertulis
o   Observasi
Bentuk Instrumen
o   Pilihan ganda dan uraian terbatas
o   Lembar observasi


Mengetahui,
Kepala Sekolah




BUDIYONO, S.Pd
NIP. 19640604 198603 1 013
Mulya Kencana, 17 Oktober 2016
Mahasiswa,





SANJAYA
NIM. 836075712



Posting Komentar untuk "PENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN"